Analisis Vegetasi Di Lingkungan Sekolah SMAN 1 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue Sebagai Referensi Pembelajaran Materi Ekosistem

Ridayani, 150207045 (2022) Analisis Vegetasi Di Lingkungan Sekolah SMAN 1 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue Sebagai Referensi Pembelajaran Materi Ekosistem. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Vegetasi Di Lingkungan Sekolah SMAN 1 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue Sebagai Referensi Pembelajaran Materi Ekosistem]
Preview
Text (Analisis Vegetasi Di Lingkungan Sekolah SMAN 1 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue Sebagai Referensi Pembelajaran Materi Ekosistem)
Ridayani, 150207045, FTK, PBL, 082274604087.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview

Abstract

Analisis vegetasi adalah suatu cara mempelajari susunan atau komposisi vegetasi secara bentuk (struktur) vegetasi dari masyarakat tumbuh-tumbuhan. Unsur bentuk vegetasi adalah bentuk pertumbuhan, stratifikasi atau penutupan tajuk, untuk keperluan vegetasi diperlukan data-data jenis, diameter dan tinggi untuk menentukan indeks nilai penting dari penyusunan komunitas lokasi tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan di SMA N 1 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue sebagai Refensi Materi Ekosistem. Diketahui di Sekolah tersebut siswa masih kurang memahami materi ekosistem, dikarenakan siswa hanya belajar di dalam ruangan. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisi jenis pohon dan perdu yang terdapat di lingkungan sekolah SMAN 1 teupah Selatan. Mengetahui pemanfaatan hasil penelitian dalam bentuk buku saku dan buku bergambar dan mengetahui kelayakan terhadap buku saku dan buku bergambar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuadrat, dengan menentukan titik lokasi yang di tetapkan berdasarkan banyaknya tumbuhan yang terdapat di lingkungan sekolah. Parameter yang dihitung dari penelitian ini adalah nama jenis. Data hasil penelitian diketahui tumbuhan jenis pohon dan perdu yang terdapat di lingkungan Sekolah SMA N 1 Teupah Selatan sebanyak 13 spesies dari 11 Familia yaitu Familia Arecacea, memiliki 3 spesies yaitu kelapa (Cocos nucifera), sawit (Elaeis guineensisi) dan pinang (Areca catechu), Familia Meliaceae terdapat 1 spesies yaitu mahoni (Swietenia marcophylla), Familia Pinaceae terdapat 1 spesies yaitu pinus (Pinus merkusi), Familia fabaceae terdapat 1 spesies yaitu Trembesi (Samanea saman), Familia Tiliaceae terdapat 1 spesies yaitu kersen (Muntingia calabura), Familia Myrtaceae terdapat 1 spesies yaitu pucuk merah (Syzygium oleana), Familia Rubiaceae terdapat 1 spesies yaitu asoka (Ixora acuminate), Familia Passifloraceae terdapat 1 spesies yaitu rombusa (P. foetida), Familia Melastomataceae terdapat 1 spesies yaitu Senduduk bulu (Clidemia hirta D. Don), Familia Piperaceae terdapat 1 spesies yaitu sirih (Piper betle L), dan Familia Euphorbiaceae terdapat 1 spesies yaitu jarak (Jatropha curcas L.) pemanfaatan hasil penelitian dalam bentuk buku saku dan buku bergambar yang dapat di aplikasikan sebagai referensi pembelajaran materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ridayani Ridayani
Date Deposited: 31 Jan 2022 02:22
Last Modified: 31 Jan 2022 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19606

Actions (login required)

View Item
View Item