Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Pada Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Di SMAN 1 Baitussalam Kajhu Aceh Besar

Ayu Rahma Yanti, 160207056 (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Pada Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Di SMAN 1 Baitussalam Kajhu Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran)
Ayu Rahmayanti, 160207056, FTK, PBL, 082299188413.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash pada materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia ini dilatarbelakangi oleh siswa yang masih kesulitan dalam memahami materi sehingga dibutuhkan media tambahan yang lebih bervariasi khususnya materi Sistem Sirkulasi pada Manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil pengembangan media pembelajaran, menguji kelayakan media pembelajaran, respon peserta didik terhadap media pembelajaran, dan menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia di SMAN 1 Baitussalam Kajhu Aceh Besar. Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Teknik pemgumpulan data dalam penelitian ini menggunakan validasi media, validasi materi, angket respon siswa serta tes. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon peserta didik serta soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis adobe flash memiliki nilai kelayakan media 84% dengan kriteria sangat layak dan untuk kelayakan materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia mendapatkan hasil 83% dengan kriteria sangat layak. Respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis adobe flash yaitu 91% dengan kategori sangat tertarik. Analisis perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada materi Sistem Sirkulasi pada Manusia menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dengan perolehana nilai thitung = 6,53 sedangkan ttabel = 1,68, sehingga thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima.. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia di SMAN 1 Baitussalam Kajhu Aceh Besar sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Adobe Flash, Sistem Sirkulasi Pada Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ayu Rahma Yanti
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:19
Last Modified: 03 Feb 2022 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19625

Actions (login required)

View Item
View Item