Penyelesaian Wanprestasi Nasabah Yang Melakukan Penyewaan Rumah Subsidi KPR BTN Syariah Pada Komplek Perumahan Hadrah Aceh Besar (Studi Penelitian Pada Bank BTN Syariah Kantor Cabang Banda Aceh)

Rezal Irwandi, 160102097 (2021) Penyelesaian Wanprestasi Nasabah Yang Melakukan Penyewaan Rumah Subsidi KPR BTN Syariah Pada Komplek Perumahan Hadrah Aceh Besar (Studi Penelitian Pada Bank BTN Syariah Kantor Cabang Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penyelesaian Wanprestasi Nasabah Yang Melakukan Penyewaan Rumah Subsidi KPR BTN Syariah Pada Komplek Perumahan Hadrah Aceh Besar]
Preview
Text (Penyelesaian Wanprestasi Nasabah Yang Melakukan Penyewaan Rumah Subsidi KPR BTN Syariah Pada Komplek Perumahan Hadrah Aceh Besar)
Rezal Irwandi, 160102097, FSH, HES, 082370918465.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penyelesaian wanprestasi nasabah yang melakukan penyewaan rumah subsidi KPR BTN Syariah pada Komplek Perumahan Hadrah Aceh Besar ialah penyaluran rumah subsidi yang dilakukan oleh pemerintah dengan kolaborasi bersama pihak perbankan yang spesialisasinya untuk penyediaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan menengah kebawah yaitu Bank BTN yang memiliki kantor cabang di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Bank BTN Syariah yang ada saat ini. Selama akad jual beli berjalan sangat dimungkinkan terjadinya wanprestasi yang dilakukan oleh nasabah, salah satunya melanggar perjanjian yang telah disepakati pada saat transaksi pembelian rumah yaitu dilarang menyewakan rumah subsidi tersebut. Pertanyaan penulis dalam skripsi ini yaitu penyelesaian wanprestasi nasabah dan pandangan hukum Islam dalam penyelesaian wanprestasi nasabah oleh pihak BTN Syariah terhadap nasabah yang melakukan penyewaan rumah subsidi KPR BTN Syariah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analisis berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisa data yang diberikan oleh BTN Syariah yang mencakup perjanjian dan tata cara transaksi pembelian rumah subsidi hingga penyelesaian wanprestasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelesaian wanprestasi yang dilakukan pihak Bank yaitu pemanggilan untuk dilakukan musyawarah supaya mencapai kemufakatan, penyitaan rumah subsidi serta bisa melalui proses pengadilan. Perspektif hukum Islam terhadap penyelesaian wanprestasi sesuai dengan konsep hukum Islam. Di mana pihak Bank mengutamakan musyawarah dan perdamaian dalam menyelesaikan tindakan wanprestasi yang dilakukan oleh nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Prof. Muhammad Siddiq, M.H., Ph.D 2. Arifin Abdullah, S.H.I., M.H
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian wanprestasi,Penyewaan, Rumah subsidi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rezal Irwandi
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:37
Last Modified: 03 Feb 2022 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19647

Actions (login required)

View Item
View Item