Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas V-2 di MIN 11 Banda Aceh

Sunandra, 170209139 (2021) Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas V-2 di MIN 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang karakter]
Preview
Text (membahas tentang karakter)
Sunandra, 170209139, FTK, PGMI, 085275428433.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter sangat penting diterapkan disetiap sekolah. Hal ini karena karakter yang baik terkait erat dengan keberhasilan peserta didik dalam belajar di sekolah. Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional yang sangat perlu diperhatikan oleh setiap lembaga pendidikan. Dalam pendidikan karakter, guru sangat berperan penting dalam mendidik karakter peserta didik. guru memiliki tugas penting dalam mengajarkan ilmu pengetahuan dan menanamkan nilai moral dan akhlak mulia pada peserta didik. Maka dari itu peneliti bermaksud untuk mengkaji tentang peran guru dalam pembentukan karakter peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan karakter peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran pada kelas V-2 MIN 11 Banda Aceh. Untuk mengetahui karakter peserta didik kelas V-
2 MIN 11 Banda Aceh. Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pembentukan karakter peserta didik kelas V-2 MIN 11 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif Deskriptif dan instrument pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa peran guru dalam pendidikan karakter dapat dilihat dari lima aspek yaitu guru sebagai teladan, guru sebagai inspirator, guru sebagai motivator, guru sebagai dinamisator, dan guru sebagai evaluator. Dari hasil wawancara yang peneliti lakukan pada guru wali kelas V-2 MIN 11 Banda Aceh bahwa peran guru dalam mendidik karakter peserta didik sudah dalam kategori baik. Karakter peserta didik saat ini yaitu sudah mengalami perubahan kearah baik. Dan Peneliti juga meneliti faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses pembentukan karakter peserta didik adalah kerja sama antar guru dan orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Depositing User: Sunandra Sunandra Sunandra
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:51
Last Modified: 03 Feb 2022 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19648

Actions (login required)

View Item
View Item