ISTRI MENGGUGAT CERAI SUAMI KARENA MENUDUH ISTRI BERSELINGKUH (Studi Analisis Putusan Mahkamah Syar’iyah Nomor 90/Pdt.G/2020/MS.Snb)

Ikhsan Pratama, 140101065 (2021) ISTRI MENGGUGAT CERAI SUAMI KARENA MENUDUH ISTRI BERSELINGKUH (Studi Analisis Putusan Mahkamah Syar’iyah Nomor 90/Pdt.G/2020/MS.Snb). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang perkawinan]
Preview
Text (membahas tentang perkawinan)
Ikhsan Pratama, 140101065, FSH, HK, 082294152967.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Gugat cerai terjadi disebabkan oleh adanya suatu gugatan oleh salah satu pihak dahulu kepada pengadilan dan dengan putusan pengadilan. yaitu gugatan perceraian yang diajukan oleh istri atau kuasanya kepada pengadilan yang daerah hukumnya meliputi tempat kediaman penggugat, kecuali apabila penggugat dengan sengaja meninggalkan tempat kediamannya bersama tanpa izin tergugat. Berdasarkan permasalahan yang terjadi maka penulis tertarik ingin meneliti bagaimana dasar hukum Hakim dalam memutus perkara Istri Menggugat Cerai Suami Karena Menuduh Istri Berselingkuh dan Bagaimana pertimbangan Hakim dalam memutuskan perkara Istri Menggugat Cerai Suami Karena Menuduh Istri Berselingkuh. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi analisis dan deskriptif analisis. Berdasarkan Analisis penulis terhadap Putusan Istri Menggugat Cerai Suami Karena Menuduh Istri Berselingkuh menurut Putusan Mahkamah Syar’iyah Nomor 90/Pdt.G/2020/MS.Snb, dalam Putusan ini Hakim memutuskan berdasarkan beberapa pertimbangan antara lain; benar bahwa kekerasan yang selama masa sebelum perceraian dilakukan adalah di dasarkan pada rasa kecemburuan yang berlebih sehingga rela melakukan kekerasan, penuduhan terhadap istrinya dan membuat istrinya mengajukan gugatan karena tuduhan perselingkuhan terhadapnya. Hal ini selaras menurut ketentuan Pasal 19 huruf (f) Peraturan Pemerintah Nomor 9 tahun 1975 jo dan Pasal 116 huruf (f) Kompilasi Hukum Islam (KHI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1.Fakhrurrazi M. Yunus, Lc., MA 2.Aulil Amri, M.A.
Uncontrolled Keywords: Tuduhan Selingkuh,Gugat Cerai, Putusan Mahkamah Syar’iyah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Ikhsan Pratama
Date Deposited: 04 Feb 2022 02:34
Last Modified: 04 Feb 2022 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19656

Actions (login required)

View Item
View Item