Kompetensi Profesional Guru Tajwid di Ma’had Darut Tahfidz dan Darul Ihsan Krueng Kalee Aceh Besar

Sulthon Arsy Noor, 30183694 (2021) Kompetensi Profesional Guru Tajwid di Ma’had Darut Tahfidz dan Darul Ihsan Krueng Kalee Aceh Besar. Masters thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kompetensi Profesional Guru Tajwid di Ma’had Darut Tahfidz dan Darul Ihsan Krueng Kalee Aceh Besar]
Preview
Text (Kompetensi Profesional Guru Tajwid di Ma’had Darut Tahfidz dan Darul Ihsan Krueng Kalee Aceh Besar)
Sulthon Arsy Noor, 30183694, PS, PAI, 082362033008.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan investasi sumber daya manusia jangka panjang yang mempunyai nilai strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia. Termasuk mata pelajaran tajwid yang berimpilikasi langsung terhadap proses pembelajaran Al-Qur’an, untuk menunjang proses pembelajaran tajwid dibutuhkan kompetensi profesioanl guru tajwid dalam mengajar. Tujuan penelitian untuk melihat penguasaan materi, pengelolaan kelas dan evaluasi yang dilakukan guru tajwid di Ma’had Daarut Tahfizh dan Darul Ihsan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dangan subjek penelitian guru tajwid dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi professional guru tajwid di dua Ma’had tersebut meliputi: a) Penguasaan materi. Dua Ma’had yang diteliti sejauh ini sudah memadai dibandingkan observasi awal yang terdapat guru tidak menjawab pertanyaan siswa, hal ini ditunjukkan dengan persiapan materi, kemampuan penyampaian dan menjawab pertanyaan siswa di pertemuan berikutnya. b) Pengelolaan kelas. Pengelolaan kelas guru tajwid di dua Ma’had dilakukan dengan baik melalui penerapan model pembelajaran seperti learning start with a quastion, discovery learning dan cooperative learning. c) Evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan mingguan, namun evaluasi belum masuk kategori cukup. Selain itu, evaluasi juga tidak menggunakan alat ukur sehingga belum jelas arah dan tujuan evaluasi yang dilakukan guru tajwid di dua Ma’had tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhibbuththabry, M. Ag Pembimbing II : Dr. Heliati Fajriah, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Guru Tajwid
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.121 Tajwid
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sulthon Arsy Noor Sulthon
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:40
Last Modified: 03 Feb 2022 04:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19668

Actions (login required)

View Item
View Item