Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Kooperatif Think Pair And Share Dan Berbantuan Media Animasi Di Kelas IV MIN 2 Aceh Selatan

Riki Zamaris, 150209009 (2021) Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Kooperatif Think Pair And Share Dan Berbantuan Media Animasi Di Kelas IV MIN 2 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Kooperatif Think Pair And Share]
Preview
Text (Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Kooperatif Think Pair And Share)
Riki Zamaris, 150209009, FTK, PGMI, 085261516769.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran adalah perilaku hasil belajar yang diharapkan terjadi, dimiliki, atau dikuasai oleh peserta didik.Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menerapkan model dan media pembelajaran yang bervariasi sehingga tujuan pembelajaran mencapai target. Di kelas IV MIN 2 Aceh Selatan guru sudah mulai menerapkan berbagai model dan media pembelajaran agar pembelajaran lebih aktif dan meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menerapkan model kooperatif Think Pair and Share dan berbantuan media animasi. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :(1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam menerapkan model kooperatif Think Pair and Share dan berbantuan media animasi di kelas IV MIN 2 Aceh Selatan ? (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam menerapkan model kooperatif Think Pair and Share dan berbantuan media animasi di Kelas IV MIN 2 Aceh Selatan ? (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menerapkan model kooperatif Think Pair and Share dan berbantuan media animasi di Kelas IV MIN 2 Aceh Selatan.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah guru kelas IV MIN 2 Aceh Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mewawancarai guru yang juga merupakan wali kelas IV MIN 2 Aceh Selatan. Hasil penelitian menunjukkan ulangan sebelumnya masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah (70) (nilai KKM IPS) yaitu 11siswa dengan nilai di atas (70) dan 7orang dengan nilai di bawah (70) dari total 18orang siswa. Sedangkan setelah gurumenerapkan Model Kooperatif Think Pair and Share dengan Berbantuan Media Animasi siswa mendapatkan nilai sebagai berikut: 15 orang nilainya di atas 70 dan 3 orang nilai dibawah 70. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model kooperatif Think Pair and Share dan berbantuan media animasi di kelas IV MIN 2 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mawardi, S.Ag.M.Pd 2. Al Juhra, S.Sos.I.,M.S.I
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Kooperatif Think Pair and Share dan Media Animasi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Riki Zamaris
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:33
Last Modified: 07 Feb 2022 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19671

Actions (login required)

View Item
View Item