Pengaruh Penerapan Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V MIN 26 Aceh Besar

Harmiana, 160209018 (2022) Pengaruh Penerapan Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V MIN 26 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Penerapan Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V MIN 26 Aceh Besar)
Harmiana, 160209018, FTK, PGMI, 085372609105.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model mind mapping terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui respon keterampilan berpikir kritis siswa terhadap penerapan model mind mapping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-eksperimen, dengan desainnya adalah One Group Pretest-Posttest Design yang dilaksanakan di MIN 26 Aceh Besar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 26 Aceh Besar, dan sampel penelitian ini yaitu kelas V yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pre tes dan pos tes untuk melihat hasil belajar siswa, dan angket untuk melihat respon keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS 23.0 version for windows, dimana thitung > ttabel yaitu 15.774 > 2.045, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada penerapan model mind mapping berbeda secara signifikan, artinya ada pengaruh pada hasil belajar siswa. Selanjutnya, pada respon keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata 76% yang berada pada kategori kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model mind mapping pada pembelajaran tematik berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V MIN 26 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harmiana Harmiana
Date Deposited: 10 Mar 2022 08:27
Last Modified: 10 Mar 2022 08:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19673

Actions (login required)

View Item
View Item