Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar

Asarah, 160209120 (2022) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar)
Asarah, 1602090120, FTK, PGMI, 0822378355412_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pada proses pembelajaran diketahui bahwa masih ada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah. Hal ini dapat dilihat saat memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan peserta didik lebih banyak diam dan tidak bisa menjawabnya, dan belum seluruhnya bisa menyimpulkan pembelajaran. Kesulitan yang dialami peserta didik dikarenakan pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran masih kurang melibatkan peserta didik karena masih kurang maksimalnya dalam menerapkan pendekatan atau model membuat peserta didik kurang aktif dan tertarik untuk belajar, serta mengakibatkan hasil belajar peserta didik tidak mencapai KKM. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dalam penerapan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan pendekata contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA di Kelas IVa MIN 26 Aceh Besar. Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan mengunakan pendekatan contextual teaching and tearning pada pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Adapun nilai yang diperoleh menunjukan bahwa aktivitas guru pada Siklus I yaitu 76,19% dan meningkat pada Siklus II menjadi 86,90%, sedangkan pada aktivitas peserta didik pada Siklus I memperoleh nilai 75%, meningkat pada Siklus II 89,28%. Adapun hasil belajar pada Siklus I 67,64% dan meningkat pada Siklus II 85,30%. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan maka dapat dikatakan dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning dalam pembelajaran mampu untuk meningkatkaan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asarah Asarah
Date Deposited: 10 Mar 2022 08:26
Last Modified: 10 Mar 2022 08:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19674

Actions (login required)

View Item
View Item