Peran Yayasan Sahabat Difabel Aceh (YSDA) Dalam Memberikan Pelayanan Terhadap Anak Disabilitas Di Kabupaten Aceh Besar

Rizka Umairah, 160404040 (2022) Peran Yayasan Sahabat Difabel Aceh (YSDA) Dalam Memberikan Pelayanan Terhadap Anak Disabilitas Di Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Yayasan Sahabat Difabel Aceh (YSDA) Dalam Memberikan Pelayanan Terhadap Anak Disabilitas Di Kabupaten Aceh Besar]
Preview
Text (Peran Yayasan Sahabat Difabel Aceh (YSDA) Dalam Memberikan Pelayanan Terhadap Anak Disabilitas Di Kabupaten Aceh Besar)
Rizka Umairah, 160404040, FDK, PMI, 082350803935.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Yayasan sahabat difabel aceh merupakan lembaga khususnya bagi anak disabilitas celebral palsy, mengingat tidak banyaknya dukungan dan abainya sebagian orang tua terhadap kondisi anak disabilitas. Karena itu YSDA hadir di tengah-tengah masyarakat kabupaten Aceh Besar. Yayasan ini menjelaskan kegunaannya yang mengacu kepada peran anak disabilitas baik dari keluarga kurang mampu, keluarga mampu, anak yatim, piatu, maupun yatim-piatu. Karena itu menarik untuk dilakukan sebuah penelitian tentang: 1. Bagaimana peran Yayasan sahabat difabel aceh dalam memberikan pelayanan terhadap anak disabilitas. 2. Apa kendala-kendala yang dihadapi YSDA dalam memberikan pelayanan terhadap anak disabilitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran YSDA dalam memberikan pelayanan terhadap anak disabilitas di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelittian deskriptif kualitatif dan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik porposive sampling, sedangkan untuk pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi lapangan, serta dokumentasi penelitian. Adapun hasil penelitian, peran YSDA dalam memberikan pelayanan terhadap anak disabilitas terdapat tiga peran, pertama adalah peran pendamping sebagai motivator, kedua adalah peran pendamping sebagai komunikator, dan ketiga adalah peran pendamping sebagai fasilitator. Adapun pelayanan yang diberikan kepada anak disabilitas di YSDA adalah pelayanan pendidikan, pelayanan keterampilan, pelayanan kesehatan dan pelayanan bimbingan. Adapun kendala-kendala yang ditemukan dalam hasil penelitian dalam memberikan pelayanan yaitu kurangnya fasilitas yang tidak memadai, keterbatasan dana yang tersedia, dan kurangnya dukungan dari orang tua anak dalam berpatisipasi mencegah makanan yang tidak bisa di konsumsi oleh anak sehingga membuat anak lambat dalam perkembangannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rizka Umairah
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:32
Last Modified: 07 Feb 2022 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19677

Actions (login required)

View Item
View Item