Penerapan Teknik Kolase Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Praktik Kerajinan Tangan Di Kelas IV MIS Dinul Islam Singkohor Aceh Singkil

Nurhuda, 170209044 (2021) Penerapan Teknik Kolase Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Praktik Kerajinan Tangan Di Kelas IV MIS Dinul Islam Singkohor Aceh Singkil. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Teknik Kolase Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Praktik Kerajinan Tangan Di Kelas IV MIS Dinul Islam Singkohor Aceh Singkil]
Preview
Text (Penerapan Teknik Kolase Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Praktik Kerajinan Tangan Di Kelas IV MIS Dinul Islam Singkohor Aceh Singkil)
Nurhuda, 170209044, FTK, PGMI, 085762570378.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Karya seni dari sebuah ide, imajinasi, pengamatan, dan juga penemuan yang dihasilkan menunjukan bahwasanya anak bangsa yang kreatif. Untuk mengembangkan keterampilan kreativitas peserta didik, perlu adanya pembelajaran Praktik Kerajinan Tangan di sekolah. Oleh karena itu tujuan Penerapan Teknik Kolase ini adalah: 1) untuk mengetahui aktivitas guru dalam proses pembalajaran di kelas; 2) untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas; dan 3) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui berkarya seni. Untuk melihat hasil belajar peserta didik maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitiannya anak kelas IV MIS Dinul Islam Singkohor. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan rumus peresentase. Dalam Penerapan Teknik Kolase Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Praktik Kerajinan Tangan Di Kelas IV MIS Dinul Islam Singkohor Aceh Singkil maka diperoleh hasil aktivitas guru pada siklus I 70,31% siklus II 98,43%, aktivitas siswa pada siklus I 68,75%, siklus II 98,43%, dan hasil belajar siswa pada siklus I 52,94% dengan rata-rata 72,94% siklus II 100% dengan rata-rata 91,76%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat dikatakan bahwasanya dengan Menerapkan Teknik Kolase dalam Pembelajaran Kerajinan Tangan di MIS Dinul Islam di Singkohor Aceh Singkil dapat meningkatkan hasil belajar pesera didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Darmiah. S.Ag. MA Pembimbing II : Raihan Permata Sari, M. Pd.I
Uncontrolled Keywords: Penerapan Teknik Kolase, Hasil Belajar, Praktik Kerajinan Tangan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Nurhuda Nurhuda
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:16
Last Modified: 14 Feb 2022 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19698

Actions (login required)

View Item
View Item