Hubungan Body Shaming Dengan Kepercayaan Diri Pada Siswa MAN 3 Indrapuri Kabupaten Aceh Besar

Nuzulia Ulfa, 170901095 (2022) Hubungan Body Shaming Dengan Kepercayaan Diri Pada Siswa MAN 3 Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Body Shaming Dengan Kepercayaan diri pada Siswa]
Preview
Text (Membahas Tentang Body Shaming Dengan Kepercayaan diri pada Siswa)
Nuzulia Ulfa, 170901095, FPSI, PSI, 085261813168.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri adalah keyakinan seseorang akan kemapuan yang dimilikinya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang, salah satunya bagaimana individu dapat mempersepsikan penampilan fisiknya. Ketika individu puas dengan keadaan fisiknya, maka individu tersebut akan memiliki
kepercayaan diri yang tinggi, begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hubungan body shaming dengan kepercayaan diri pada siswa MAN 3 Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala body shaming berdasarkan teori Duarte, Matos, Stubbs, Gale, Morris, Gouveia, Gilbert (2017), sedangkan skala kepercayaan diri berdasarkan teori Lauster (dalam Hidayat dan Bashori, 2016), penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penentuan sampel berdasarkan teknik proportionste stratified random sampling. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 269 siswa dengan sampel 161 siswa, hasil penelitian ini memiliki koefiensi korelasi (r) sebesar – 446 dengan p = 0,000, yang menunjukkan bahwa ada hubungan negatif sangat signifikan antara body shaming dengan kepercayaan diri pada siswa MAN 3 Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Bahwa semakin tinggi Body Shaming maka semakin rendah kepercayaan diri pada siswa MAN 3 Indrapuri Kabupaten Aceh Besar, sebaliknya semakin rendah body shaming maka semakin tinggi kepercayaan diri pada siswa.

Kata Kunci : Body Shaming, Kepercayaan Diri Dan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Nuzulia Ulfa
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:12
Last Modified: 07 Feb 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19702

Actions (login required)

View Item
View Item