Hubungan Strategi Self Regulated Learning dengan Motivasi Belajar Siswa SMA N 2 Meulaboh

Amirah Rosia, 170901086 (2021) Hubungan Strategi Self Regulated Learning dengan Motivasi Belajar Siswa SMA N 2 Meulaboh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Self Regulated Learning]
Preview
Text (Self Regulated Learning)
Amirah Rosia, 170901086, FPSI, PSI, 082163148353.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar salah satunya adalah strategi self regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara strategi self regulated learning dengan motivasi belajar siswa SMA N 2 Meulaboh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala strategi self regulated learning berdasarkan teori Zimmerman dan Martines-pons (2018) dan skala motivasi belajar berdasarkan teori Schunk dan Printich (2014). Jumlah populasi sebanyak 523 siswa dan sampel sebanyak 213 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode teknik stratified proportionate random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar r = 0,746 dengan p = 0,000. Hal tersebut menandakan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara strategi self regulated learning dengan motivasi belajar, artinya semakin tinggi strategi self regulated learning maka semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki siswa, sebaliknya semakin rendah strategi self regulated learning maka semakin rendah motivasi belajar yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.5 Psikologi Kawula Muda Usia 12 sampai 20 Tahun
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Amirah Rosia Mira
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:41
Last Modified: 07 Feb 2022 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19714

Actions (login required)

View Item
View Item