Penerapan Metode Eklektik Dengan Media Gambar dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca

Rizka Zahara, 180202007 (2022) Penerapan Metode Eklektik Dengan Media Gambar dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Metode Eklektik Dengan Media Gambar dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca]
Preview
Text (Penerapan Metode Eklektik Dengan Media Gambar dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca)
Rizka Zahara, 180202007, FTK, PBA, 082218221827.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti, pembelajaran Bahasa Arab di MIN 8 Bireuen masih belum bisa dikatakan memuaskan. Beberapa siswa belum terlatih membaca tulisan Arab, sehingga mempengaruhi kemampuan membaca mereka. Hal ini disebakan karena ketika proses belajar mengajar, guru hanya menggunakan metode ceramah dan hanya terpaku dengan buku cetak dan lembar kerja siswa (LKS) tanpa menggunakan media atau alat peraga yang dapat meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Arab siswa. Dalam permasalahan ini peneliti mencoba untuk menerapkan metode eklektik dengan media gambar dalam pembelajaran keterampilan membaca. Tujuan penelitian untuk mengetahui cara menerapkan metode eklektik dengan media gambar dalam pembelajaran keterampilan membaca dan mengidentifikasi efektifivitas penerapan metode eklektik dengan media gambar pada pembelajaran keterampilan membaca. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam peneliian ini adalah metode eksperimen dengan jenis one group pre-test post-test design. Adapun alat – alat penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu tes dan lembar observasi. Adapun populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas 5 MIN 8 Bireuen dan siswa kelas 5 A yang terpilih menjadi sampel penelitian ini yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eklektik dengan media gambar efektif dalam pembelajaran ketrampilan membaca. Hasil tersebut terbukti dari uji T yaitu Sig (000,<0,05). Ini menunjukkan bahwa hipotesa nol (H0) ditolak dan hipotesa a (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rizka Zahara
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:41
Last Modified: 07 Feb 2022 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19716

Actions (login required)

View Item
View Item