Nilai Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Kartun Upin Dan Ipin Episode Tema Ramadhan

Suciana Oktavia, 150201072 (2022) Nilai Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Kartun Upin Dan Ipin Episode Tema Ramadhan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Nilai Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Kartun Upin Dan Ipin Episode Tema Ramadhan]
Preview
Text (Nilai Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Kartun Upin Dan Ipin Episode Tema Ramadhan)
Suciana Oktavia, 150201027, FTK, PAI, 085261417691.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam film kartun Upin dan Ipin pada episode tema Ramadhan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi. Analisis data yang penulis gunakan adalah analisis isi (content analisys) yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi, yang didokumentasikan dalam rekaman, baik dalam gambar, suara maupun tulisan. Kemudian dilakukan interprestasi secara deskriptif yaitu dengan memberikan gambaran dan penafsiran serta uraian tentang data yang telah terkumpul.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film kartun Upin dan Ipin pada episode tema Ramadhan memiliki nilai-nilai pendidikan yang terkandung didalammna. Nilai-nilai pendidikan yang termuat dalam film kartun Upin dan Ipin pada episode tema Ramadhan diantaranya adalah: pertama, nilai-nilai pendidikan ibadah yang meliputi ibadah Mahdhah dan dan nilai pendidikan ibadah social kemasyarakatan. Kedua, nilai pendidikan yang bersifat universal meliputi, kedamaian, penghargaan, cinta, toleransi, tanggung jawab, kebahagiaan, kerjasama, kejujuran, kerendahan hati, kebebasan, kesederhanaan, dan persatuan.
Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam film kartun Upin dan Ipin pada episode tema Ramadhan ini dapat dijadikan referensi orang tua maupun pendidik dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada anak. Seperti kedamaian, kejujuran, toleransi, dan sebagainya. Bahasa lembut yang penuh kasih saying dan cinta kasih yang terdapat dalam film kartun Upin dan Ipin pada episode tama Ramadhan dapat dijadikan teladan orang tua maupun pendidik dalam proses pembelajaran. Seorang anak akan lebih mudah menjalankan apa yang diperintahkan seorang pendidik apabila sang pendidik tersebut memperlakukan seorang anak dengan penuh kasih saying dan dengan bahasa yang lembut karena seorang anak akan merasa tersanjung dan merasa dihargai. Film kartun ini sendiri dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi anak oleh orang tua maupun guru (pendidik) baik dilingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Suciana Oktavia
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:24
Last Modified: 08 Feb 2022 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19718

Actions (login required)

View Item
View Item