Keanekaragaman Kelas Gastropoda Dan Bivalvia Di Muara Saragian Kabupaten Aceh Singkil Sebagai Referensi Tambahan Pada Sub Materi Kingdom Animalia Di SMAN 1 Singkil Utara

Yulida Lase, 160207165 (2022) Keanekaragaman Kelas Gastropoda Dan Bivalvia Di Muara Saragian Kabupaten Aceh Singkil Sebagai Referensi Tambahan Pada Sub Materi Kingdom Animalia Di SMAN 1 Singkil Utara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keanekaragaman Kelas Gastropoda Dan Bivalvia Di Muara Saragian Kabupaten Aceh Singkil Sebagai Referensi Tambahan Pada Sub Materi Kingdom Animalia Di SMAN 1 Singkil Utara]
Preview
Text (Keanekaragaman Kelas Gastropoda Dan Bivalvia Di Muara Saragian Kabupaten Aceh Singkil Sebagai Referensi Tambahan Pada Sub Materi Kingdom Animalia Di SMAN 1 Singkil Utara)
Yulida Lase, 160207165, FTK, PBL, 081361276118.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Kelas gastropoda dan bivalvia termasuk kedalam filum Mollusca yang banyak terdapat di kawasan Muara Saragian Kabupaten Aceh Singkil, tetapi belum teridentifikasi jenis-jenisnya. Kelas gastropoda biasanya disebut juga siput ataupun keong yang dapat berjalan menggunakan perutnya sedangkan kelas bivalvia mencakup semua jenis kerang-kerangan yang memiliki sepasang cangkang. Salah satu habitat kelas gastropoda dan bivalvia pada substrat yang berpasir dan berlumpur. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di sekolah SMAN 1 Singkil Utara menunjukkan bahwa nilai siswa yang terdapat pada sub materi kingdom animalia masih tergolong rendah sehingga membutuhkan referensi yaitu e-book. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan spesies kelas gastropoda dan bivalvia dan mengetahui indeks keanekaragaman kelas gastropoda dan bivalvia yang terdapat di Muara Saragian serta mengetahui hasil uji kelayakan yang digunakan sebagai referensi pada sub materi kingdom animalia di SMAN 1 Singkil Utara. Pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode transek garis dan transek kuadrat dengan cara Purposive Sampling. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 26 spesies kelas gastropoda dan bivalvia. Kelas gastropoda terdapat 3 ordo dengan jumlah 7 spesies, sedangkan kelas bivalvia terdapat 4 ordo dengan jumlah 19 spesies. Keanekaragaman Kelas Gastropoda dan Bivalvia yang ada di Kawasan Muara Saragian Kabupaten Aceh Singkil tergolong sedang dengan indeks keanekaragaman Ĥ= 1,641876437. Hasil uji kelayakan e-book di peroleh skor 86,94 % dengan kategori sangat layak untuk direkomendasikan sebagai referensi pada sub materi kingdom animalia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Yulida Lase
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:27
Last Modified: 08 Feb 2022 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19720

Actions (login required)

View Item
View Item