Penggunaan Media Papan Wibriyyah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Keterampilan Berbicara “Penelitian Eksperimen di MTsN 2 Aceh Timur”

Alfi Zahara, 170202183 (2022) Penggunaan Media Papan Wibriyyah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Keterampilan Berbicara “Penelitian Eksperimen di MTsN 2 Aceh Timur”. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Papan Wibriyyah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Keterampilan Berbicara “Penelitian Eksperimen di MTsN 2 Aceh Timur”]
Preview
Text (Penggunaan Media Papan Wibriyyah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Keterampilan Berbicara “Penelitian Eksperimen di MTsN 2 Aceh Timur”)
Alfi Zahara, 170202183, FTK, PBA, 082267189552.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Keterampilan Berbicara adalah kemampuan siswa dalam menyampaikan maksud melalui kata-kata tentang ide, gagasan, dan perasaan yang ada di dalam diri siswa. Penggunaan media dalam pembelajaran keterampilan berbicara menjadi peranan penting untuk memudahkan siswa dalam memahami maksud dari setiap kata dan kalimat yang hendak di ungkapkan. Pembelajaran Bahasa Arab di sekolah MTsN
2 Aceh Timur telah mengikuti prosedur kurikulum yang telah ditentukan, namun pada kenyataannya siswa MTsN 2 Aceh Timur khususnya kelas VIII3, sebagian dari mereka mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan dalam bentuk dialog bahkan ada dari mereka yang sama sekali tidak mengetahui makna dari pertanyaan yang disebutkan. Hal ini disebabkan kurangnya perhatian siswa dalam memahami pembelajaran mengenai keterampilan berbicara. Sedangkan guru tidak menggunakan media yang menarik untuk menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar. Khususnya dalam pembelajaran keterampilam berbicara.
Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar mengajar terhadap guru dan siswa untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara. Untuk tercapainya tujuan dari penelitian ini peneliti menggunakan media papan wibriyyah. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen Research dengan jenis One Group Pre-test and Post-test Design. Adapun alat yang digunakan untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan Perencanaan pembelajaran, Uji T (T-test), dan Observasi langsung. Sedangkan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 2 Aceh Timur yang berjumlah
661 siswa, dan sampelnya adalah kelas VIII3 yang berjumlah 32 siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan wibriyyah dalam proses belajar mengajar ini dapat diterapkan dengan sangat baik serta efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara, hal tersebut terlihat pada hasil t-Test (19,648) dan tingkat signifikansi (Sig.) (0,05 < 000.).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Alfi Zahara
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:26
Last Modified: 08 Feb 2022 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19728

Actions (login required)

View Item
View Item