Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kebersihan, Keindahan, Dan Ketertiban (K3) Di Kawasan Pasar Induk Lambaro Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar

Khayratus Sara, 170802029 (2022) Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kebersihan, Keindahan, Dan Ketertiban (K3) Di Kawasan Pasar Induk Lambaro Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kebersihan, Keindahan, Dan Ketertiban (K3) Di Kawasan Pasar Induk Lambaro Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar]
Preview
Text (Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kebersihan, Keindahan, Dan Ketertiban (K3) Di Kawasan Pasar Induk Lambaro Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar)
Khayratus Sara, 170802029, FISIP, IAN, 082361603226.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pasar merupakan tempat berlangsungnya proses kegiatan jual beli pada dasarnya harus menyediakan suasana yang kondusif. Hal tersebut bisa terwujud apabila pelaksana kegiatan pasar mendukung dan memiliki perencanaan secara maksimal. Tingkat kepuasan masyarakat merupakan sebuah ukuran dari keadaan yang dilihat apakah sudah sesuai dengan yang dibutuhkan dan diharapkan. Pasar Induk Lambaro adalah pasar yang dikelola langsung dibawah Dinas Koperasi dan Perdagangan berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 73 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat di Kabupaten Aceh Besar yang bertujuan untuk menciptakan pasar rakyat bersih, aman, tertib, dan ramah lingkungan. Sementara itu keadaan Kebersihan, Keindahan, dan Ketertiban (K3) adalah sebuah tolak ukur atau patokan terhadap tingkat kepuasan. Beberapa informasi menjelaskan bahwa kondisi Kawasan Pasar Induk Lambaro masih jauh dari kondisi ideal Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban di lingkungan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa serta mengkonfirmasi apakah informasi tersebut sesuai dengan keadaan di lokasi pengamatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Hasil tersebut menunjukkan bahwa, keadaan di Kawasan Pasar Induk Lambaro dengan menggunakan Konsep New Public Management yakni 5 variabel ditemukan hasil Tangible sebesar 35,37% (rendah), Reliability sebesar 42,07% (rendah), Responsiveness sebesar 36,38% (rendah), Assurance sebesar 50,20% (sedang), dan Empathy sebesar 48,37% (sedang) sehingga hasil rata-rata dari nilai keseluruhan adalah 42,48%. Secara singkat penelitian menyimpulkan bahwa Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kebersihan, Keindahan, Ketertiban (K3) di Kawasan Pasar Lambaro berada pada kategori rendah. Kecenderungan tersebut disebabkan oleh tidak adanya penempatan tong sampah sehingga mengakibatkan sampah berceceran dan menyebabkan kondisi pasar yang jauh dari keadaan bersih. Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap Kebersihan, Keindahan, dan Ketertiban (K3) di Kawasan Pasar Induk Lambaro dinyatakan belum sesuai dengan yang dan diharapkan oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Khayratus Sara Sara
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:23
Last Modified: 08 Feb 2022 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19730

Actions (login required)

View Item
View Item