Kepemimpinan Keuchik dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat di Gampong Lam Ujong Kecamatan Baitussalam kabupaten Aceh Besar

Nurul Fitri, 170802034 (2022) Kepemimpinan Keuchik dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat di Gampong Lam Ujong Kecamatan Baitussalam kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kepemimpinan Keuchik]
Preview
Text (Kepemimpinan Keuchik)
Nurul Fitri, 170802034, FISIP, IAN, 085262679593.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan undang – undang nomor 06 tahun 2014 tentang Desa, dalam Pasal 26 ayat (1) dan (2) tugas dan fungsi Kepala Desa salah satunya yaitu: pemberdayaan masyarakat desa. Adapun kegiatan pemberdayaan yang dilakukan di Gapong Lam Ujong, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar Pelatihan kapasitas KPMD, pelatihan Aparatur Gampong, Pelatihan pembuatan tempe & toge, pelatihan pembuatan kelapa gonseng, pelatihan teknologi pengelolaan sampah, dan pelatihan BIMTEK. Permasalahan yang diteliti dalam Penelitian ini adalah berkenaan dengan bagaimana kepemimpinan Keuchik dalam meningkatkan kegiatan pemberdayaan masyarakat di Gampong Lam Ujong, serta bagaimana partisipasi masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan di Gampong Lam Ujong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan keuchik dalam meningkatkan program kegiatan pemberdayaan masyarakat di Gampong Lam Ujong belum menunjukkan gejala perbaikan yang positif. Hal ini dikarenakan program kegiatan pemberdayaan yang dibuat belum sepenuhnya memanfaatkan potensi – potensi yang dimiliki gampong, bahkan masih minimnya kegiatan pemberdayaan yang dilakukan untuk mendukung ekonomi masyarakat. Begitu pula dengan partisipasi masyarakat yang masih rendah terhapat kegiatan – kegiatan yang ada di Gampong Lam Ujong. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan Keuchik di Gampong Lam Ujong masih belum terlaksanakan dengan efektif, hal ini dikarenakan masih kurangnya dukungan, dorongan, dan inovatif kepemimpinan dalam pengambilan tindakan kebijakan maupun program kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nurul Fitri Nurul
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:22
Last Modified: 08 Feb 2022 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19738

Actions (login required)

View Item
View Item