Identifikasi Ordo Phthiraptera (Kutu) Padaaves Di Taman Rusa Lamtanjong Kabupaten Aceh Besar Sebagai Penunjang Praktikum Entomologi

Erli Rahma Yanti, 170207063 (2022) Identifikasi Ordo Phthiraptera (Kutu) Padaaves Di Taman Rusa Lamtanjong Kabupaten Aceh Besar Sebagai Penunjang Praktikum Entomologi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Identifikasi Ordo Phthiraptera (Kutu) Padaaves Di Taman Rusa Lamtanjong Kabupaten Aceh Besar Sebagai Penunjang Praktikum Entomologi]
Preview
Text (Identifikasi Ordo Phthiraptera (Kutu) Padaaves Di Taman Rusa Lamtanjong Kabupaten Aceh Besar Sebagai Penunjang Praktikum Entomologi)
Erli Rahma Yanti, 170207063, FTK, PBL, 085359105107.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Entomologi merupakan salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang serangga. Mata kuliah entomologi merupakan salah satu mata kuliah pilihan di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar- Raniry Banda Aceh. Kajian yang dipelajari pada mata kuliah entomologi satu diantaranya adalah tentang Ordo Phthiraptera (kutu). Pembelajaran entomologi yang berlangsung di dalam kelas sudah terlaksana dengan baik. Akan tetapi, perkuliahan entomologi masih terdapat beberapa kelemahan seperti pada pelaksanaan praktikum. Hal ini dikarenakan preparat yang belum lengkap, terutama untuk materi Ordo Phthiraptera baik preparat asli maupun preparat awetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies, morfologi, uji kelayakan dan respon mahasiswa terhadap hasil penelitian berupa spesimen awetan kaca dan buku ajar sebagai penunjang dalam kegiatan praktikum entomologi. Pengumpulan data dilakukan secara purposive sampling, di analisis secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ditemukan 7 spesies kutu yaitu Strigiphilus sp., Menopon gallinae, Goniodes dissimilis, Menacanthus stramineus, Columbicola columbae, Penenirmus serrilimbus dan Lipeurus caponis. Morfologi Ordo Phtiraptera (kutu) umunya tubuh terdiri dari caput, toraks dan abdomen, tidak bersayap, antena, tubuh bersegmen setiap segmen terdapat setae. Hasil uji kelayakan buku ajar memperoleh persentase sebanyak 83% dengan kategori sangat layak, sedangkan untuk validasi media berupa specimen memperoleh 75% dengan kategori layak. Adapun respon mahasiswa memperoleh persentase 81,3% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Erli Rahma Yanti Erli
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:04
Last Modified: 08 Feb 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19740

Actions (login required)

View Item
View Item