Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Lingkaran di SMP/MTs Berbasis Seni Anyaman Sebagai Budaya Masyarakat Aceh Barat Daya

Cut Maulidian, 160205058 (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Lingkaran di SMP/MTs Berbasis Seni Anyaman Sebagai Budaya Masyarakat Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Lingkaran di SMP/MTs Berbasis Seni Anyaman Sebagai Budaya Masyarakat Aceh Barat Daya]
Preview
Text (Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Lingkaran di SMP/MTs Berbasis Seni Anyaman Sebagai Budaya Masyarakat Aceh Barat Daya)
Cut Maulidian, 160205058, FTK, PMA, 082361946722.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media yang ada di sekitar peserta didik diyakini sangat efektif untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Setiap hari peserta didik melakukan aktifitas baik dirumah maupun diluar rumah, pada saat beraktifitas mereka banyak dihadapkan dengan sesuatu yang dapat dikaitkan dengan materi matematika. Media yang demikian bisa diterapkan kedalam perangkat pembelajaran dan dikembangkan dengan baik melalui atau dengan menggunakan budaya kearifan lokal suatu daerah yang difokuskan pada pengalaman budaya yang terdapat di dalam lingkungan masyarakat daerah tersebut.Pembelajaran matematika harus mengalami perubahan dalam konteks perbaikan mutu pendidikan sehingga dapat meningkatkan hasil pembelajaran yang optimal. Sehingga upaya terus dilakukan untuk terwujudnya suatu pembelajaran yang inovatif sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi.Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahapan.Tahap pertama, define meliputi analisis kurikulum dan karakterpeserta didik dan ketersediaan perangkat pembelajaran. Tahap kedua, designmeliputi rancangan RPP, LKPD, Materi Ajar, dan Lembar Evaluasi. Tahap ketiga developmentmeliputi pembuatan produk dan validasi yang dilakukan oleh ahli materi matematika . Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi dan angket respon guru. Kevalidan perangkat yang diperoleh RPP adalah 84,37%, LKPD 88,11 %, materi ajar 85,07% dan lembar evaluasi 85,77%.Kepraktisan perangkat berada pada kategori sangat baik dengan perolehan rata-rata 4,26.Dapat disimpilkan bahwa perangkat pembelajaran dinilai sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Maulidian
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:16
Last Modified: 08 Feb 2022 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19743

Actions (login required)

View Item
View Item