Perbedaan Kebutuhan Afiliasi Ditinjau dari Jenis Kelamin Pada Siswa Boarding School SMA Plus Al-Athiyah Banda Aceh

Zhafiratul Lathifa, 170901026 (2021) Perbedaan Kebutuhan Afiliasi Ditinjau dari Jenis Kelamin Pada Siswa Boarding School SMA Plus Al-Athiyah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kebutuhan Afiliasi]
Preview
Text (Kebutuhan Afiliasi)
Zhafiratul Lathifa, 170901026, FPSI, PSI, 085218740505.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara kebutuhan afiliasi dengan jenis kelamin pada siswa boarding school SMA Plus Al-Athiyah Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 107 siswa SMA Plus Al-Athiyah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode sampel jenuh. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan satu skala yaitu skala Kebutuhan Afiliasi berdasarkan teori Hill (1987) dengan reliabilitas riX=0,3, dan angket jenis kelamin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kebutuhan afiliasi ditinjau dari jenis kelamin pada siswa SMA Plus Al-Athiyah Banda Aceh. Dengan nilai jenis kelamin laki-laki (Mean=130,68; SD=20,92), dan nilai jenis kelamin perempuan (Mean=124,07; SD=11,57). Teknik analisa data penelitian ini menggunakan t-test dengan nilai t=1.996, dan nilai signifikansi sebesar p=0,049. Perbedaan tersebut mengindikasikan bahwa kebutuhan afiliasi laki-laki cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.5 Psikologi Kawula Muda Usia 12 sampai 20 Tahun
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Zhafiratul Lathifa Lathifa
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:26
Last Modified: 08 Feb 2022 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19744

Actions (login required)

View Item
View Item