Pengaruh Keterlibatan Wakil Bupati Perempuan Dalam Mewujudkan Tata Kelola Anggaran Berbasis Gender Studi Kasus Di Kabupaten Simeulue

Ria Mila Rosadi, 170801003 (2021) Pengaruh Keterlibatan Wakil Bupati Perempuan Dalam Mewujudkan Tata Kelola Anggaran Berbasis Gender Studi Kasus Di Kabupaten Simeulue. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Keterlibatan Wakil Bupati Perempuan]
Preview
Text (Pengaruh Keterlibatan Wakil Bupati Perempuan)
Ria Mila Rosadi, 170801003, FISIP, IP, 082370336813.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Partai Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh wakil bupati dalam mewujudkan anggaran berbasis gender di Kabupaten Simeulue dan melihat tantangan wakil bupati perempuan dalam mendorong kebijakan anggaran responsif gender. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh wakil bupati perempuan dalam mewujudkan anggaran berbasis gender di Kabupaten Simeulue tidak berdampak terhapap proporsi pengganggaran berbasis gender karena secara regulasi dilevel Kabupaten Simeulue tidak ada regulasi baru. Sejauh ini regulasi yang digunakan merujuk kepada regulasi nasional dan qanun Aceh tidak ada regulasi Kabupaten Simeulue yang spesifik gender, komposisi atau penempatan penganggaran di Kabupaten Simeulue berbasis gender yaitu dinas P3AKB, BPMD (PKK, DEKRANAS dan Majelistaklim), Proporsi SKPD tidak ada sama sekali orang-orang dari Ibu Afridawati yang secara keseluruhan adalah orang-orang dari bapak bupati. Tantangan wakil bupati perempuan dalam mendorong kebijakan anggaran responsif gender disebabkan karena faktor internal dan eksternal. Kedepan pemimpin perempuan yang memiliki kapasitas diri dan wajib punya SDM sehingga tahu tupoksinya sebagai pemimpin perempuan, harus membangun beginning dengan pasangan (bupati), dan harus membangun beginning dan negosiasi dengan partai pengusung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Ria Mila Rosadi
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:36
Last Modified: 08 Feb 2022 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19746

Actions (login required)

View Item
View Item