Motivasi Ibu Rumah Tangga Menjadi Buruh Tani (Studi di Kampung Timang Rasa, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah)

Thursina Wahid, 140404049 (2020) Motivasi Ibu Rumah Tangga Menjadi Buruh Tani (Studi di Kampung Timang Rasa, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Motivasi Ibu Rumah Tangga Menjadi Buruh Tani (Studi di Kampung Timang Rasa, Kecamatan Timang Gajah,  Kabupaten  Bener Meriah)]
Preview
Text (Motivasi Ibu Rumah Tangga Menjadi Buruh Tani (Studi di Kampung Timang Rasa, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah))
Thursina Wahid, 140404049, FDK, PMI, 082360020255.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Motivasi menunjuk pada dorongan dalam diri seseorang, adanya suatu tujuaan yang ingin dicapai membuat seseorang terdorong untuk berbuat dan bertindak. Namun, besarnya juga banyaknya kebutuhan yang ingin dipenuhi, menjadikan seorang istri selauku ibu rumah tangga termotivasi untuk melakukan suatu hal dan segera mengambil keputusan. Oleh sebab itu, yang diteliti dari motivasi ibu rumah tangga disini yaitu motivasi menjadi pekerja buruh tani, serta tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi ibu rumah tanga dalam menjadi pekerja buruh tani serta upaya untuk mengoptimalkan motivasi dalam menjadi butuh tani. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi dan wawancara, adapun informan dalam penelitian ini ialah perempuan buruh tani kampung Timang Rasa yang berstatus sebagai ibu rumah tangga. Dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dari hasil penelitian, maka peneliti meperoleh data bahwa adanya beberapa tingkatan pada motvasi ibu rumah tangga dalam menjadi buruh tani, tingkatan tersebut merujuk berdasarkan teori kebutuhan sebagai motivasi. Dorongan yang kuat pada kebutuhan tersebut menjadikan buruh tani sebagai pekerjaan alternatif pemenuhannya. Sebagai informan penelitian para ibu rumah tangga yang bekerja sebagai buruh tani memiliki pendapat serta pandangan yang bervariasi namun memiliki kesamaan terhadap motivasi mereka bekerja, meskipun demikian adanya upaya pengoptimalan dari internal dan eksternal sehingga mampu menimbulkan sesuatu yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Ibu rumah tangga, Buruh tani
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.4 Perempuan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Thursina Wahid
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:06
Last Modified: 09 Feb 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19754

Actions (login required)

View Item
View Item