Fenomena Penerimaan Masyarakat Terhadap Geuchik Perempuan di Aceh Besar (Studi Terhadap Geuchik Bunda Cut di Desa Seuneubok Kecamatan Seulimeum)

Zara Firda Yana.Z, 150305023 (2020) Fenomena Penerimaan Masyarakat Terhadap Geuchik Perempuan di Aceh Besar (Studi Terhadap Geuchik Bunda Cut di Desa Seuneubok Kecamatan Seulimeum). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Geuchik Perempuan]
Preview
Text (Geuchik Perempuan)
Zara Firda Yana. Z, 150305023, FUF, SA, 082274258322.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan perempuan dalam setiap stratanya yang lazim. Tetatpi dalam perspektif masyarakat keberadaan kepemimpinan perempuan masih menyisakan problem-problem yang belum selesai. Penelitian ini ingin melihat tentang (1) partisipasi masyarakat terhadap kepemimpinan geuchik Bunda Cut di Desa Seuneubok Kecamatan Seulimeum dan (2) faktor mendukung dan menghambat kepemimpinan geuchik Bunda Cut di Desa Seuneubok Kecamatan Seulimeum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari dokumentasi, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa bentuk partisipasi masyarakat terhadap kepemimpinan Geuchik Bunda Cut terlihat dalam bidang ekonomi, meningkatkan sumber daya manusia dengan berpartisipasi dalam aspek pemberdayaan masyarakat. Bentuk penerimaan masyarakat terhadap kepemimpinan Geuchik Bunda Cut di gampong Seuneubok terlihat dari keikutsertaan masyarakat dalam berbagai musyawarah, minimnya kritikan yang memperlihatkan tidak mendukung, ikut serta dalam menjalankan program yang dibuat oleh aparatur gampong dan ikut serta dalam berbagai kegiatan baik ekonomi, sosial, budaya dan agenda keagamaan yang dilaksanakan di Gampong Seuneubok. Faktor pendukung kepemimpinana Bunda Cut ialah kuatnya kerja sama sesama anggota aparatur gampong dengan lembaga-lembaga gampong lainnya , sedangkan faktor penghambat kepemimpinan Geuchik Bunda Cut masih terdapat sebagian anggota elemen aparatur gampong yang tidak bekerja sama adanya ketidak sepahaman antara anggota kelembagaan Gampong Seuneubok sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Zara Firda Yana Z Zara
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:08
Last Modified: 09 Feb 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19755

Actions (login required)

View Item
View Item