Pengembangan Alat Peraga Instalasi Listrik 1 Phase Menggunakan Saklar Tukar Dan Saklar Silang Pada Rumah 2 Lantai

Nawwal Rizki, 160211044 (2022) Pengembangan Alat Peraga Instalasi Listrik 1 Phase Menggunakan Saklar Tukar Dan Saklar Silang Pada Rumah 2 Lantai. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Alat Peraga Instalasi Listrik 1 Phase Menggunakan Saklar Tukar Dan Saklar Silang Pada Rumah 2 Lantai]
Preview
Text (Pengembangan Alat Peraga Instalasi Listrik 1 Phase Menggunakan Saklar Tukar Dan Saklar Silang Pada Rumah 2 Lantai)
Nawwal Rizki, 160211044, FTK, PTE, 082167108282.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Alat peraga instalasi listrik 1 phase menggunakan saklar tukar dan saklar silang pada rumah 2 lantai ini dilakukan atas dasar instalasi listrik merupakan ilmu pasti sehingga pada mata kuliah instalasi listrik perlu adanya suatu alat yang dapat memvisualisasikan materi teknik instalasi listrik. Tujuan alat peraga ini sebagai alat bantu bagi dosen pengajar dalam menjelaskan konsep materi instalasi listrik juga untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami konsep materi instalasi listrik. Pengembangan Alat peraga dalam penelitian ini dengan menambahkan teknik instalasi saklar tukar dan saklar silang untuk menghidupkan satu buah lampu dari tiga tempat yang berbeda juga dengan konsep alat peraga bongkar pasang yang dapat di peragakan langsung oleh mahasiswa. Metode penelitian yang dipakai adalah research & Development dengan instrumen pada penelitian ini adalah lembar validasi untuk menguji kelayakan alat peraga dan angket untuk melihat tanggapan responden terhadap alat peraga. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa alat peraga ini layak digunakan dari segi materi dan media berdasarkan persentase nilai ahli materi 1 memperoleh 88 % dan ahli materi 2 memperoleh 98%, serta ahli media 1 memperoleh nilai 94% dan ahli media 2 memperoleh 94% dengan kategori”Sangat Layak”. Sedangkan dari hasil tanggapan responden menunjukkan bahwa pentingnya alat peraga ini pada mata kuliah instalasi listrik berdasarkan persentase nilai dari keseluruhan responden memperoleh 91% dengan kategori “Sangat Penting”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Nawwal Rizki
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:08
Last Modified: 09 Feb 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19756

Actions (login required)

View Item
View Item