SEKEJAP (Semua Kerja Jadi Siap): Analisis Partisipasi Generasi Milenial dalam Penggunaan Layanan Aplikasi Kependudukan di Disdukcapil Kota Banda Aceh

Noviana Pratiwi, 170802027 (2022) SEKEJAP (Semua Kerja Jadi Siap): Analisis Partisipasi Generasi Milenial dalam Penggunaan Layanan Aplikasi Kependudukan di Disdukcapil Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of SEKEJAP (Semua Kerja Jadi Siap)]
Preview
Text (SEKEJAP (Semua Kerja Jadi Siap))
Noviana Pratiwi, 170802027, FISIP, IAN, 085213586544.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan agar lebih mudah dan cepat, Disdukcapil Kota Banda Aceh melakukan inovasi baru pelayanan berbasis digital dengan mekanisme secara online yaitu Aplikasi Sekejap (Semua Kerja Jadi Siap). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pelayanan dan partisipasi generasi milenial dalam penggunaan aplikasi kependudukan di Disdukcapil Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam penggunaan aplikasi Sekejap terwujud atas manfaat yang dirasakan masyarakat meliputi adanya kemudahan, dapat menghemat waktu, tidak harus datang kekantor untuk melakukan pendaftaran karena dapat dilakukan dimana saja, jadi masyarakat datang kekantor Disdukcapil hanya untuk mengambil hasil dokumen yang telah siap. Namun, tidak semua masyarakat memilih pelayanan dengan aplikasi Sekejap karena masih ada masyarakat yang belum mengetahui adanya pelayanan berbasis aplikasi Sekejap, masyarakat lebih nyaman dengan pelayanan langsung datang kekantor karena anggapan dengan aplikasi akan lebih sulit. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa inovasi yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Banda Aceh untuk memberikan pelayanan melalui aplikasi sekejap memberikan kemudahan kepada masyarakat terutama milenial, namun dalam pelaksanaannya masih kurang optimalnya sosialisasi dan terkadang layanan aplikasi tidak dapat diakses oleh masyarakat sehingga mempengaruhi partisipasi masyarakat untuk menggunakan aplikasi Sekejap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Noviana Pratiwi Novi
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:16
Last Modified: 18 Mar 2022 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19764

Actions (login required)

View Item
View Item