Pengaruh Strategi Pembelajaran REACT Terhadap Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII SMP/MTs.

Desi Amayana, 261222855 (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran REACT Terhadap Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran REACT]
Preview
Text (Pembelajaran REACT)
Desi Amayana, 261222855, FTK, PMA, 085266963818.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pendidikan secara formal (pendidikan disekolah) yang merupakan upaya pengembangan dan kemampuan siswa, salah satunya adalah pelajaran tentang pendidikan matematika hal ini dilihat merupakan upaya untuk melihat proses ketuntasan belajar dengan hasil persentase tingkat pencapaian kompetensi dinyatakan hingga mencapai batas maksimum 100 (seratus), Namun demikian untuk mencapai hasil sebagaimana yang disebutkan di atas sangat minim hasilnya, dimana salah seorang pakar menyebutkan bahwa kebanyakan guru menerapkan model pembelajaran yang bersifat konvensional dan banyak didominasi guru, sehingga mengakibatkan keaktifan siswa rendah. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap ketuntasan Belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas VII MTsS Ulumul Qur’an, Banda Aceh dan untuk mengetahui kendala-kendala yang di alami selama penerapan strategi pembelajaran REACT Kelas VII MTsS Ulumul Qur’an, Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental) sedangkan untuk teknik pengumpulan data melalui lembaran tes dan angket. Hasil penelitian Terdapat perbedaan ketuntasan belajar siswa menerapkan strategi pembelajaran React dengan menerapkan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VII MTsS Ulumul Qur’an Banda Aceh. Pengaruh strategi pembelajaran React pada materi aritmatika sosial dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa, dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siswa pada ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen adalah 92,59%. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh ttabel= 1,67 dan t hitung= 8,692 sehingga thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran REACT lebih tinggi daripada ketuntasan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Desi Amayana Desi
Date Deposited: 10 Feb 2022 02:17
Last Modified: 10 Feb 2022 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19765

Actions (login required)

View Item
View Item