Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Menanggulangi Kemiskinan Perspektif Ekonomi Syariah (Studi di Desa Meunasah Lhok Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya)

Farah Fadhila, 150602030 (2020) Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Menanggulangi Kemiskinan Perspektif Ekonomi Syariah (Studi di Desa Meunasah Lhok Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Implementasi Program Keluarga Harapan  (PKH) Dalam Menanggulangi Kemiskinan Perspektif Ekonomi Syariah (Studi di Desa Meunasah Lhok Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya)]
Preview
Text (Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Menanggulangi Kemiskinan Perspektif Ekonomi Syariah (Studi di Desa Meunasah Lhok Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya))
Farah Fadhila, 150602030, FEBI, ES, 081274942322.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program Keluarga Harapan adalah peran utama pada penelitian ini, (PKH) sudah lama dijalankan di Desa Meunasah Lhok. Permasalahan yang akan dicari jawabannya dalam skripsi ini adalah bagaimana Implementasi PKH dalam menanggulangi kemiskinan di Desa Meunasah Lhok, dan bagaimana PKH dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Implementasi Program Keluarga Harapan ( PKH) dalam Menanggulangi Kemiskinan di Desa Meunasah Lhok bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan, salah satunya adalah di Desa Meunasah Lhok sudah berjalan dengan efektif, dengan adanya penerima PKH yang produktif dengan usaha-usaha mereka dirikan maka penerima PKH tersebut dapat mengatasi garis kemiskianan, dengan begitu penerima bantuan PKH dalam jangka panjang akan terus meningkat pendapatannya dimana 20 penerima PKH yang sudah produktif dari hasil yang didapatkan dari PKH. Untuk implementasi PKH dalam menanggulangi kemiskinan di Desa Meunasah Lhok Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya ditinjau dari prinsip-prinsip ekonomi Islam sudah maksimal dalam menerapkan prinsip khalifah, keadilan, Nubuwah (siddiq, amanah, tabliq, fatanah ) dan keseimbangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PKH, Menanggulangi kemiskinan, Perspektif Islam
Uncontrolled Keywords: Pembimbing I : Dr. Hafas Furqani.,M.Ec Pembimbing II : Safarul Aufa, SE., M.Si
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Farah Fadhila
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:24
Last Modified: 10 Feb 2022 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19777

Actions (login required)

View Item
View Item