Persepsi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Zakat Baitul Mal Kabupaten Aceh Singkil (Studi di Kecamatan Singkohor)

Darto, 170403038 (2022) Persepsi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Zakat Baitul Mal Kabupaten Aceh Singkil (Studi di Kecamatan Singkohor). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Persepsi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Zakat Baitul Mal Kabupaten Aceh Singkil (Studi di Kecamatan Singkohor)]
Preview
Text (Persepsi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Zakat Baitul Mal Kabupaten Aceh Singkil (Studi di Kecamatan Singkohor))
Darto, 170403038, FDK, MD, 085835753143.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap pengelolaan zakat Baitul Mal Kabupaten Aceh Singkil, untuk mengetahui apa upaya Baitul Mal dalam menumbuhkan kepercayaaan muzakki di Kecamatan Singkohor, dan untuk mengetahui apa saja peluang dan tantangan pengelolaan Zakat di Kecamatan Singkohor. Dalam mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan, serta juga melakukan wawancara dengan masyarakat (muzakki) Kecamatan Singkohor dan juga mewawancarai Pihak Baitul Mal Kabupaten Aceh Singkil. Hasil penelitian menunjukkan persepsi Masyarakat Kecamatan Singkohor terhadap Baitul Mal Kabupaten Aceh Singkil belum berjalan dengan baik, dan partisipasi Masyarakat Kecamatan Singkohor dalam penyaluran zakat di Baitul Mal Aceh belum maksimal, terlihat dari kesadaran masyarakat yang masih rendah dalam membayar zakat di Lembaga Baitul Mal Aceh Singkil, dikarenakan kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap Baitul Mal, pemahaman yang kurang terhadap Baitul Mal, jarak Kantor Baitul Mal yang sangat jauh, serta kurangnya sosialisasi dari pihak Baitul Mal kepada masyarakat Kecamatan Singkohor. Upaya yang dilakukan oleh pihak Baitul Mal yaitu membuat sosialisasi kepada masyarakat dengan melakukan seminar, audiensi, ceramah khutbah jumat di masjid, membuat stiker, spanduk. Berusaha untuk membangun kepercayaan dengan keterbukaan kepada masyarakat dengan kejujuran dan kualiatas pelayanan yang baik. Peluang dan tantangan dari lembaga yaitu adanya pengelolaan zakat di Kecamatan Singkohor ini akan memberi peluang sangat besar di dalam masyarakat yaitu, pengembangan ekonomi, pembinaan SDM, layanan sosial, dan menurunkan tingkat kemiskinan yang berada di Kabupaten Aceh Singkil. Yang diketahui bahwasanya Kabupaten Aceh Singkil menurut catatan di pusat statistik masuk dalam kategori daerah miskin di Aceh. Dan untuk tantangan atau hambatan yang ada di lembaga Pengelolaan zakat Kecamatan Singkohor itu dapat bersumber dari berbagai segi seperti dari sikap para muzakki, dan juga badan pengelolaan zakat itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, Pengelolaan, Zakat Baitul Mal
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.142 Zakat Mal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Darto Darto
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:31
Last Modified: 10 Feb 2022 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19779

Actions (login required)

View Item
View Item