Fenomena Migrasi Tim Sukses Dalam Pemilihan Geuchik Di Desa Blang Kuala Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan

Wawan Setiawan, 160801065 (2021) Fenomena Migrasi Tim Sukses Dalam Pemilihan Geuchik Di Desa Blang Kuala Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Fenomena Migrasi Tim Sukses Dalam  Pemilihan Geuchik Di Desa Blang Kuala Kecamatan  Meukek, Kabupaten  Aceh Selatan]
Preview
Text (Fenomena Migrasi Tim Sukses Dalam Pemilihan Geuchik Di Desa Blang Kuala Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan)
Wawan Setiawan, 160801065, FISIP, IP, 082261101664.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Migrasi tim sukses biasanya terjadi karena adanya keunggulan yang lebih dari calon lainnya, sehingga tim sukses berpindah untuk mendukung calon kepala desa yang dianggapnya lebih unggul. Pergeseran tim sukes ini tentunya dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu, sehingga membuat para tim sukses mudah untuk melakukan migrasi, terjadinya migrasi ini tentunya memberi dampak yang besar terhadap kemenangan calon geuchik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya migrasi tim sukses kandidat calon geuchik di desa Blang Kuala Kec. Meukek Kab. Aceh Selatan dan juga untuk mengetahui bagaimana dampak atas terjadinya migrasi tim sukses pada pemilihan geuhik di desa Blang Kuala Kec. Meukek Kab. Aceh Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara serta didukung oleh dokumentasi. Teknik analisis data diolah melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display (penyajian data) data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi terjadinya migrasi tim sukses ada tiga yaitu; ketidak percayaan tim sukses terhadap calon geuchik yang diusung, dilihat dari faktor finansial dari calon tersebut maka dengan semudah tim berpindah ke nomor urut lain kemudian dilihat dari segi bahwa Drs. Samsul Bahri bukan putra asli Gampong Blang Kuala maka dari itu ada pihak-pihak yang tidak senang terhadap calon geuchik yang diusung dan kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap calon geuchik yang diusung. Adapun dampak dari migrasi tim sukses adalah mudahnya memperoleh kemenangan bagi calon geuchik yang diusung dan setelah migrasi terjadi tim sukses mengetahui bagaimana sosok pemimpin yang diinginkan oleh masyarakat sehingga lebih mudah dalam membuat strategi pemenangan calon geuchik di desa Blang Kuala Kec. Meukek Kab. Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Eka Januar. S,IP.,M. Soc, Sc Pembimbing 2 : Danil Akbar Taqwadin, B, IAM, M. Soc
Uncontrolled Keywords: Migrasi tim sukses, pemilihan geuchik.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Wawan Setiawan Wawan
Date Deposited: 11 Feb 2022 02:53
Last Modified: 11 Feb 2022 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19795

Actions (login required)

View Item
View Item