Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Chemistry Entrepreneurship Pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 2 Bandar

Rahmah Diana Fitri, 170208054 (2021) Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Chemistry Entrepreneurship Pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 2 Bandar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Chemistry Entrepreneurship Pada Materi  Asam Basa Di SMA Negeri 2 Bandar]
Preview
Text (Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Chemistry Entrepreneurship Pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 2 Bandar)
Rahmah Diana Fitri, 170208054, FTK, PKM, 082274917426.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pengembangan penuntun praktikum berbasis chemistry entrepreneurship pada materi asam basa bertujuan untuk menghasilkan sebuah bahan ajar yang dapat membantu peserta didik untuk dapat belajar secara mandiri, serta dapat menumbuhkan minat kewirausahaan peserta didik. Asam basa merupakan materi kimia yang tidak hanya belajar teori di dalam kelas, namun diikuti dengan kegiatan praktikum. Dari hasil observasi awal dan wawancara kepada guru diperoleh bahwa di SMA Negeri 2 Bandar masih kekurangan bahan ajar, praktikum di sekolah tersebut masih menggunakan penuntun yang ada di buku cetak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap pengembangan penuntun praktikum berbasis chemistry entrepreneurship pada materi asam basa. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan/research and development (R&D) dengan menggunakan model desain ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Data dikumpulkan melalui lembar validasi dan angket respon peserta didik, data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus persentase dan mengubahnya menjadi deskriptif. Berdasarkan hasil validasi oleh 3 validator diperoleh persentase sebesar 80,78% dengan kriteria layak. Hasil uji coba kepada peserta didik diperoleh persentase sebesar 99,17% dengan kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum berbasis chemistry entrepreneurship pada materi asam basa dapat digunakan di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Penuntun Praktikum, Chemistry Entrepreneurship, Asam Basa
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rahmah Diana Fitri Rahmah
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:23
Last Modified: 15 Feb 2022 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19806

Actions (login required)

View Item
View Item