Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP

Farah Fadila, 150205028 (2021) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk   Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis  Matematis Siswa SMP]
Preview
Text (Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP)
Farah Fadila, 150205028, FTK, PMA, 082361090979.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan suatu disiplin ilmu pengetahuan dan bidang studi yang tertera dalam setiap kurikulum pada setiap jenjang pendidikan baik di SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi. Hal ini disebabkan matematika berperan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dimasa yang akan datang. Meskipun matematika sangat penting dipelajari, akan tetapi kenyataannya masih banyak masalah yang muncul dalam matematika, salah satunya adalah kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah model Problem Based Learning (PBL). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model PBL lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model Konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP N 2 Kuta Cot Glie. Peneliti menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan rancangan Quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Kuta Cot Glie. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu VIII1 sebagai kelas kontrol dan VIII2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji-t , maka diperoleh thitung = 3,5 dan t(tabel) = 1,70. Karena thitung > t(tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model PBL lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP N 2 Kuta Cot Glie.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd. Pembimbing II : Lasmi, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL)), Berpikir Kritis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Farah Fadila
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:20
Last Modified: 23 Feb 2022 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19808

Actions (login required)

View Item
View Item