Pandangan Tokoh Agama Kemukiman Babahlhok Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya Dalam Menyikapi Pandemi Covid-19

Raisul Munji, 160305013 (2021) Pandangan Tokoh Agama Kemukiman Babahlhok Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya Dalam Menyikapi Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pandangan Tokoh Agama Kemukiman Babahlhok Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya Dalam Menyikapi Pandemi Covid-19]
Preview
Text (Pandangan Tokoh Agama Kemukiman Babahlhok Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya Dalam Menyikapi Pandemi Covid-19)
Raisul Munji, 160305013, FUF, SA, 082274448903.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 adalah suatu wabah penyakit yang sedang merebak dan banyak dibicarakan oleh seluruh masyarakat dunia. Banyaknya korban yang berjatuhan karena pandemi ini menimbulkan kekhawatiran dalam berbagai kalangan masyarakat. Tokoh agama mempunyai peran penting dalam memberi pencerahan kepada masyarakat disaat terjadi situasi yang tidak menentu, mereka memiliki kekuatan khusus yang dapat mempengaruhi pola pikir dan tindakan masyarakat. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengetahuan, tanggapan, tindakan serta peran tokoh agama dalam menghadapi pandemi covid-19. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan teori persepsi dan sikap. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber atau informan diperoleh dari sejumlah tokoh agama yang terdiri dari anggota MPU, pimpinan pesantren, pengasuh dayah, penyuluh KUA, guru agama dan imum mukim. Penelitian ini menyimpulkan pertama, terdapat pandangan yang mengerti dan meyakini bahwa pandemi covid-19 adalah virus yang berbahaya dan harus disikapi dengan bijaksana serta mematuhi segala aturan protokol kesehatan dan pandangan yang tidak meyakini dan mengakui adanya pandemi covid-19 dan mengabaikan aturan protokol kesehatan serta menghubungkannya dengan persoalan politik. Kedua, dalam menghadapi pandemi covid-19 tokoh agama memberikan sosialisasi pencegahan, memberikan pencerahan agar masyarakat tidak gelisah, panik, khawatir, dan takut serta mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan aktivitas ibadah dan berdoa sebagai wujud dari sikap perlindungan diri agar terhindar dari segala musibah. Ketiga, terdapat berbagai tanggapan tokoh agama yang dimana mayoritas tokoh agama cenderung memberikan tanggapan negatif yang ditandai dengan adanya ketidakpuasan, keraguan bahkan kekhawatiran terhadap kebijakan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Taslim HM. Yasin, M. Si Pembimbing II : Suci Fajarni, M.A
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Tokoh Agama, Pandemi Covid-19.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.177 Kesehatan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Raisul Munji Rais
Date Deposited: 14 Sep 2022 02:13
Last Modified: 14 Sep 2022 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19817

Actions (login required)

View Item
View Item