Analisis Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Ular Tangga Pada Materi Sistem Gerak di SMPN 2 Aceh Barat Daya

Sentia Lisna. A, 160207116 (2022) Analisis Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Ular Tangga Pada Materi Sistem Gerak di SMPN 2 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Ular Tangga Pada Materi Sistem Gerak di SMPN 2 Aceh Barat Daya]
Preview
Text (Analisis Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Ular Tangga Pada Materi Sistem Gerak di SMPN 2 Aceh Barat Daya)
Sentia Lisna.A, 160207116, FTK, PBL, 082363077901_unlocked_2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar Biologi pada materi sistem gerak salah satunya disebabkan kurangnya variasi media pembelajaran sehingga selama proses pembelajaran berlangsung siswa menunjukkan respon yang kurang baik seperti tidak memperhatikan penjelasan guru, berbicara dengan teman sebangkunya ketika guru menjelaskan materi. Tujuan dari penelitian ini Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa, perbedaan motivasi belajar siswa kelas VIII yang dibelajarkan menggunakan media ular tangga dengan yang dibelajarkan secara konvensional pada materi sistem gerak di SMPN 2 Aceh Barat Daya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian true experimental dengan Desain Control Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Aceh Barat Daya, yang terdiri dari 3 kelas. sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII IPA 1 dan IPA 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan angket motivasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal Pre Test dan Post Test dan lembar angket motivasi belajar. Analisis hasil belajar siswa menggunakan uji t dengan persentase diperoleh nilai thitung = 6,11 sedangkan ttabel = 1,30 maka thitung > ttabel. Hasil penelitian terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media ular tangga dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada materi sistem gerak kelas VIII, kelas eksperimen pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua mendapatkan rata-rata persentase 86,39% tergolong dalam kriteria sangat bagus, sedangkan kelas kontrol pertemuan pertama dan kedua mendapatkan rata-rata persentase 32,85% tergolong dalam kriteria cukup bagus. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sentia Lisna. A
Date Deposited: 02 Mar 2022 02:20
Last Modified: 02 Mar 2022 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19818

Actions (login required)

View Item
View Item