Kendala Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fisika Masa Pandemi Covid-19 di MTSN 5 Aceh Besar

Intan Farina, 160204075 (2022) Kendala Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fisika Masa Pandemi Covid-19 di MTSN 5 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kendala Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fisika Masa Pandemi Covid-19 di MTSN 5 Aceh Besar]
Preview
Text (Kendala Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fisika Masa Pandemi Covid-19 di MTSN 5 Aceh Besar)
Intan Farina, 160204075, FTK, PFS, 085270315584.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peristiwa covid-19 yang berdampak pada pendidikan sehingga pembelajaran biasanya tatap muka menjadi pembelajaran daring dan timbulnya kendala seperti jaringan yang terganggu, kurang mengerti tugas yang diberikan guru, tidak memiliki handphone, yang disebabkan pembelajaran daring masa pandemi covid-19 yang belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kendala dan alternatif solusi pembelajaran daring pada mata pelajaran fisika masa pandemi covid-19 di MTsN 5 Aceh Besar. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-3 berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah wawancara.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kendala yang dialami peserta didik adalah kuota internet disebabkan orang tua kurang mampu untuk memenuhinya, jaringan yang kurang memadai, beban tugas, kesulitan dalam berinteraksi dengan guru dan teman selama proses pembelajaran daring, keterbatasan handphone dan ketidakmampuan peserta didik dalam memahami pelajaran fisika. Alternatif solusinya yaitu memberikan bantuan kuota internet gratis agar dapat meringankan ekonomi orang tua peserta didik, guru berupaya sebaik mungkin untuk memberikan pembelajaran seperti media/bahan ajar yang menarik dan memotivasi agar peserta didik bersemangat dan lebih baik lagi dalam mengikuti pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Intan Farina
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:18
Last Modified: 15 Feb 2022 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19830

Actions (login required)

View Item
View Item