Analisis Pembelajaran IPA Berbasis Blended Learning Pada Masa Covid-19 Semester Ganjil 2020/2021 di MTsN 4 Banda Aceh

Eva Ayu Dwi Sartika, 160204091 (2022) Analisis Pembelajaran IPA Berbasis Blended Learning Pada Masa Covid-19 Semester Ganjil 2020/2021 di MTsN 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Pembelajaran IPA Berbasis Blended Learning Pada Masa Covid-19 Semester Ganjil 2020/2021 di MTsN 4 Banda Aceh]
Preview
Text (Analisis Pembelajaran IPA Berbasis Blended Learning Pada Masa Covid-19 Semester Ganjil 2020/2021 di MTsN 4 Banda Aceh)
Eva Ayu Dwi Sartika, 160204091, FTK, PFS, 08566032847.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Masa pandemi Covid-19 di Indonesia pada saat ini semua sekolah harus melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online. Menimbang dengan adanya kejadian seperti ini pemerintah memutuskan untuk mengintruksikan penerapan sistem berbasis online yang serentak dilakukan seluruh lembaga pendidikan di Indonesia. Hal ini tak terkecuali di MTsN 4 Banda Aceh yang menerapkan Pembelajaran Blended Learning. Pemilihan model pembelajaran ini merupakan salah satu keputusan yang diambil sebab melihat situasi dan kondisi yang sesuai dengan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran IPA berbasis blended learning pada masa Covid-19 di MTsN 4 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tidak menggunakkan statistik melainkan mengumpulkan data, menganalisis, yang kemudian di interprestasikan. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah penerapan model blended learning pada pembelajaran IPA di masa Covid-19 di MTsN 4 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 7 orang responden yang terdiri dari 1 orang pendidik dan 6 orang peserta didik kelas IX. Berdasarkan analisis data diketahui hasil penelitian bahwa pada sistem online atau daring, peserta didik dan pendidik menggunakan aplikasi WhatsApp dan Classroom sebagai media komunikasi antara pendidik dan peserta didik. Adapun informasi yang diperoleh selama belajar online adalah berupa pembelajaran dari YouTube, Google, pdf dan buku paket. Pembelajaran secara luring, media yang digunakan adalah berupa video melalui infocus. Informasi yang diperoleh yaitu dari buku paket, buku guru dan buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran. Pembelajaran tatap muka dilakukan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Eva Ayu Dwi Sartika
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:19
Last Modified: 15 Feb 2022 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19832

Actions (login required)

View Item
View Item