Peran Petugas Registrasi Penduduk Di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar (Studi Di Gampong Kajhu Dan Gampong Cadek)

Nurul Husnina, 170802083 (2022) Peran Petugas Registrasi Penduduk Di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar (Studi Di Gampong Kajhu Dan Gampong Cadek). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Petugas Registrasi Penduduk Di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar (Studi Di Gampong Kajhu Dan Gampong Cadek)]
Preview
Text (Peran Petugas Registrasi Penduduk Di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar (Studi Di Gampong Kajhu Dan Gampong Cadek))
Nurul Husnina, 170802083, FISIP, IAN, 082248802539.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberadaan Petugas Registrasi Penduduk (PRP) Gampong Kajhu dan Cadek Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar dalam melakukan pendataan penduduk merupakan implementasi dari Perbup Aceh Besar Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Pelaksanaannya dilakukan belum secara door to door, akan tetapi proses pendataan penduduk tersebut dilakukan dengan mekanisme masyarakat melaporkan sendiri ke Petugas Registrasi Penduduk di Kantor Keuchik. Padahal kondisi gampong Kajhu dan Cadek berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Aceh Besar merupakan salah satu gampong dengan mobilitas penduduknya yang tinggi. Hal tersebut membutuhkan peranan aktif Petugas Registrasi Penduduk dalam meningkatkan pencatatan kependudukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran dan tantangan Petugas Registrasi Penduduk di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar dalam pendataan kependudukan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat peran dan tantangan Petugas Registrasi Penduduk di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa masih rendahnya peran Petugas Registrasi Penduduk (PRP) dalam melakukan pendataan penduduk di Kecamatan Baitussalam khusus nya di gampong Kajhu Dan Cadek. Adapun Tantangan Petugas Registrasi Penduduk Di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar dalam melakukan proses pendataan kependudukan yaitu masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam memberikan data kependudukan mereka kepada Petugas Registrasi Penduduk yang berada di kantor keuchik. Kesimpulannya berdasarkan pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan laporan administrasi kependudukan yaitu masih rendahnya Peran Petugas Registrasi Penduduk dalam melakukan pendataan penduduk dan belum berdasarkan ketentuan regulasi yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Petugas Registrasi Penduduk
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nurul Husnina
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:19
Last Modified: 17 Feb 2022 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19847

Actions (login required)

View Item
View Item