Hubungan Antara Kepuasan Kerja dengan Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara

Meliana, 160901066 (2021) Hubungan Antara Kepuasan Kerja dengan Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kepuasan Kerja dengan Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil]
Preview
Text (Kepuasan Kerja dengan Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil)
Meliana, 160901066, FPSI, PSI, 082285923637.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Disiplin kerja adalah suatu keadaan tertib di mana orang-orang yang tergantung dalam suatu organisasi tunduk pada peraturan-peraturan yang telah ada dengan rasa senang hati. Salah satu faktor yang mempengaruhi disiplin kerja adalah kepuasan kerja. Kepuasan kerja adalah hasil penilaian dari bawahan terhadap atasannya dengan membandingkan apa yang diharapkan sesuai dengan kenyataan yang diterima (Kotler, 2007). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepuasan kerja dengan disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 100 pegawai. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Kepuasa Kerja yang dibuat berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Luthans (dalam Parnawi, 2020), dan Skala Disiplin Kerja yang dibuat berdasarkan aspek yang dikemuakakan oleh Robbins (dalam Subyantoro & Suwarto, 2020). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan hubungan antara Kepuasan Kerja dengan Disiplin Kerja pada Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara, dengan nilai r sebesar 0,712, dengan p = 0,000 (<0,05), yang mengartikan bahwa bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kepuasan kerja dengan disiplin kerja pegawai di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara. Artinya semakin tinggi kepuasan kerja maka semakin tinggi disiplin kerja pegawai di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara. Sebaliknya, semakin rendah kepuasan kerja maka semakin rendah disiplin kerja peawai di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Meliana Meli
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:29
Last Modified: 17 Feb 2022 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19856

Actions (login required)

View Item
View Item