Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Kodular Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar

Muyasir, 160212026 (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Kodular Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang media pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang media pembelajaran)
Muyasir, 160212026, FTK, PTI, 082276537407.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan, maka peneliti menemukan permasalahan bahwa guru kurang maksimal dalam menggunakan media pembelajaran. Ada beberapa faktor yang sering membuat proses belajar siswa menjadi terbatas, faktor tersebut antara lain bahwa setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menyerap materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi android yang dapat menjadi media pembelajaran pada materi DDG (Dasar Desain Grafis) berdasarkan kebutuhan pengguna, sehingga dapat mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode R&D (research and development) dan menggunakan metode system usability scale (SUS) dalam pengujian kelayakan sistem informasi. Hasil evaluasi penilaian akhir yang dilakukan terhadap aplikasi ini dari 12 responden meliputi 10 orang siswa dan 2 orang guru mendapatkan skor 80 dan termasuk dalam grade B berdasarkan grafik percentil rank, dan rating good berdasarkan adjective rank, sehingga aplikasi ini dikategorikan sudah baik dalam memenuhi kebutuhan pengguna dan cukup mudah digunakan oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Muyasir Yasir
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:30
Last Modified: 17 Feb 2022 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19857

Actions (login required)

View Item
View Item