Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Di SMPN 3 Trienggadeng

Furqanisah, 170206068 (2021) Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Di SMPN 3 Trienggadeng. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Di SMPN 3 Trienggadeng]
Preview
Text (Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Di SMPN 3 Trienggadeng)
Furqanisah, 170206068, FTK, MPI, 082378519463.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kurangnya implementasi standar pengelolaan pendidikan telah menyakibatkan rendahnya mutu pendidikan pada beberapa aspek. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi analisis masalah dan analisis kebutuhan tehadap standar pengelolaan pendidikan di SMPN 3 Trienggaden, untuk membuat rancang bangun langkah-langkah pengembangan satndar pengelolaan pendidikan dalam meningkatkan mutu di SMPN 3 Trienggadeng, untuk menguji validitas rancang bangun langkah-langkah pengembangan standar pengelolaan pendidikan dalam meningkatkan mutu di SMPN 3 Trienggadeng. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Disign, Devolopment, Dessemination) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa analisis masalah dan analisis kebutuhan nilai akreditasi standar pengelolaan pendidikan pada pelibatan peran serta masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relavan di SMPN 3 Trienggadeng masih rendah, terdapat hanya 4 pelibatan pada komponen tersebut, oleh karena itu dibutuhkan sebuah rancang bangun langkah-langkah pengembangan terhadap standar pengeleloaan pendidikan pada 2 aspek lainnya yakni aspek kerjasama dengan pihak DUDI pihak Bakat Minat. Tahapan rancang bangun langkah-langkah pengembangan pada standar pengelolaan pendidikan aspek kerjasama dengan pihak DUDI dan Bakat Minat dilakukan dengan 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil uiji validitas rancang bangun langkah-langkah pengembangan standar pengelelolaan pendidikan pada aspek kerjasama dengan pihak DUDI dan Bakat Minat yang divalid oleh 3 dosen ahli diperoleh presentase 93,7%. Hasil kemenarikan langkah-langkah pengembangan standar pengelelolaan pendidikan pada aspek kerjasama dengan pihak DUDI dan Bakat Minat diperoleh rata-rata skor 4 dengan kriteria “Sangat Baik”. Demikian rancang bangun langkah-langkah pengembangan standar pengelelolaan pendidikan pada aspek kerjasama dengan pihak DUDI dan pihak Bakat Minat dapat diterapkan guna untuk dapat meningkatkan mutu di SMPN 3 Trienggadeng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Yusri M. Daud, M.Pd Pembimbing II : Lailatussadah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Standar Pengelolaan Pendidikan, Mutu, Pelibatan, Membangun Kemitraan, Kerjasama.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Furqanisah Furqanisah
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:28
Last Modified: 17 Feb 2022 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19868

Actions (login required)

View Item
View Item