Pengembangan Media Animasi Berbasis Animaker Pada Pembelajaran IPS Kelas V MIN 25 Aceh Besar

Parlin Agustin, 170209066 (2021) Pengembangan Media Animasi Berbasis Animaker Pada Pembelajaran IPS Kelas V MIN 25 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Media Animasi Berbasis Animaker Pada Pembelajaran IPS Kelas V MIN 25 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengembangan Media Animasi Berbasis Animaker Pada Pembelajaran IPS Kelas V MIN 25 Aceh Besar)
Parlin Agustin, 170209066, FTK, PGMI, 085338165809.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media animasi berbasis animaker pada pembelajaran IPS kelas V MIN 25 Aceh Besar dilatarbelakangi dengan penggunaan media pembelajaran kurang bervariasi, tingkat keefektifan penggunaan media masih rendah, peserta didik tidak aktif, kurang bersemangat, dan antusias dalam pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian skripsi ini adalah bagaimana desain media animasi berbasis animaker pada pembelajaran IPS dan bagaimana keefektifan media animasi berbasis animaker pada pembelajaran IPS di kelas V MIN 25 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 25 Aceh Besar. Teknik pengumpulan data melalui lembar validasi ahli, validasi, angket, dan observasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media animasi berbasis animaker didesain dengan cara: (1) melakukan identifikasi kebutuhan, (2) merumuskan kompetensi dasar, (3) merancang media, (4) melakukan validasi dan uji coba, dengan perolehan persentase rata-rata validasi dari ahli materi sebesar 93,84% dengan kategori sangat layak. Sedangkan dari ahli media persentase 95,29% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba skala kecil diperoleh persentase rata-rata yaitu 96,66% Sangat Layak. Sedangkan pada uji coba skala besar diperoleh persentase rata-rata yaitu 85,77% Sangat Layak. (5) melakukan revisi media. Adapun keefektifan media animasi berbasis animaker dalam pembelajaran IPS dengan perolehan persentase 100% dikategorikan dalam pembelajaran sangat efektif. Hal ini menunjukkan bahwa media animasi berbasis animaker yang telah dikembangkan dapat digunakan di MIN 25 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mawardi, S.Ag., M. Pd Pembimbing II : Raihan Permata Sari, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Animasi Berbasis Animaker, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Parlin Agustin
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:30
Last Modified: 17 Feb 2022 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19870

Actions (login required)

View Item
View Item