Arsila Rizqa, 170901058 (2021) Hubungan Dukungan Keluarga dengan Flow Akademik Pada Santri Dayah Darul Muta’allimin Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Arsila Rizqa, 170901058, FPSI, PSI, 081264344491.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB) | Preview
Abstract
Flow Akademik adalah keadaan individu yang dapat berkonsentrasi penuh, memiliki motivasi diri dan merasa nyaman ketika melakukan kegiatan-kegiatan akademik sehingga individu dapat terlibat secara penuh (intens) dalam melakukan aktivitas akademiknya. Salah satu faktor yang mempengaruhi flow akademik adalah dukungan keluarga. Dukungan keluarga adalah suatu sikap keluarga terhadap individu dengan menerimanya sebagai anggota keluarga dengan memberikan dukungan dan interaksi positif dilingkungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan flow akademik santri Dayah Darul Muta’allimin Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan korelasional. Alat ukur penelitian ini yaitu skala dukungan keluarga dan skala flow akademik. Jumlah populasi adalah sebanyak 897 dengan jumlah sampel 247 santri. Pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan tekhnik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi (r) = 0,469 dengan ρ = 0,000 yang menandakan bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan keluarga dengan flow akademik pada santri Dayah Darul Muta’allimin Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar artinya semakin tinggi dukungan keluarga semakin tinggi pula flow akademik, sebaliknya semakin rendah dukungan keluarga semakin rendah pula flow akademik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Arsila Rizqa Ika |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 03:31 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 03:31 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19873 |