Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Strategi Belajar Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) Pada Siswa SMP

Ayu Meisiana, 160205087 (2022) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Strategi Belajar Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) Pada Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Strategi Belajar Preview Question Read Reflect Recite Review (Pq4r) Pada Siswa SMP]
Preview
Text (Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Strategi Belajar Preview Question Read Reflect Recite Review (Pq4r) Pada Siswa SMP)
Ayu Meisiana, 160205087, FTK, MTK, 082312751149.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis mempunyai peran penting dalam menyelesaikan berbagai masalah, khususnya masalah kehidupan sehari-hari. Namun faktanya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa salah satunya adalah strategi belajar PQ4R. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan strategi belajar PQ4R pada siswa MTsN 1 Aceh Jaya; (2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diterapkan strategi PQ4R dan yang diterapkan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Aceh Jaya, dengan sampel penelitiannya kelas VII C dan VII D yang dipilih secara simple random sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan analisis data melalui statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) t_(hitung )>t_tabel yaitu 15,90>1,72berarti bahwa strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. (2) berdasarkan hasil uji-t untuk perbandingan kelas eksperimen dan kontrol diperoleh t_(hitung )>t_tabel yaitu 2,84>1,68 menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang diterapkan dengan strategi belajar PQ4R lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ayu Meisiana
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:32
Last Modified: 17 Feb 2022 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19874

Actions (login required)

View Item
View Item