Air Susu Ibu Sebagai Penyebab MaÍramiyyah Susuan (Study Interdisipliner Terhadap RaÌÉ‘ah, Jual Beli ASI Dan Pengaruh BANK ASI Terhadap MaÍramiyyah Susuan)

Maimun, 29173628 (2021) Air Susu Ibu Sebagai Penyebab MaÍramiyyah Susuan (Study Interdisipliner Terhadap RaÌÉ‘ah, Jual Beli ASI Dan Pengaruh BANK ASI Terhadap MaÍramiyyah Susuan). Doctoral thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Air Susu Ibu Sebagai Penyebab MaÍramiyyah Susuan (Study interdisipliner Terhadap RaÌÉ‘ah, Jual Beli ASI Dan Pengaruh BANK ASI Terhadap MaÍramiyyah Susuan)]
Preview
Text (Air Susu Ibu Sebagai Penyebab MaÍramiyyah Susuan (Study interdisipliner Terhadap RaÌÉ‘ah, Jual Beli ASI Dan Pengaruh BANK ASI Terhadap MaÍramiyyah Susuan))
Maimun, 29173628, PS, FM, 085260486500.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

ASI merupakan makanan yang paling cocok untuk bayi dan berfungsi menumbuhkan daging dan menguatkan tulang. Dalam ASI terdapat gen ibu, sehingga sifat yang dimiliki ibu terdapat pada anak. Menyusui merupakan fitrah seorang ibu.Namun demikian, tidak semua ibu dapat menyusui. Kondisi ini, mendorong untuk didirikan Bank ASI. Disisi lain, Bank ASI menyisakan problema tersendiri karena akan berpengaruh pada hukum raÌÉ’ah. Disamping dari itu, Bank ASI dalam melakukan pengadaan ASI harus membeli ASI dari pemilik ASI. Jual beli ASI yang dipraktekkan Bank ASI juga minimbulkan masalah, yaitu tentang hukum jual beli ASI. Dua masalah inilah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian secara ilmiah dan sitematis yang dituangkan dalam judul “ASI Sebagai Penyebab MaÍramiyyah Susuan Dalam Fiqh (Study Interdisipliner terhadap raÌÉ‘ah, hukum jual beli ASI dan pengaruh Bank ASI terhadap maÍramiyyah susuan)”. Penelitian ini termasuk dalam katagori penelitian kepustakaan dengan jenis data kualitatif. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa jual beli ASI adalah sah. Kekhawatiran bercampur maÍramiyyah secara meluas akibat kehadiran Bank ASI merupakan asumsi karena raÌÉ’ah yang mengakibatkan larangan perkawinana adalah raÌÉ’ah yang dapat dibuktikan di pengadilan atau iqrÉr riÌÉ’.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Pembimbing : 1. Prof. Dr. Iskandar Usman, MA Pembimbing : 2. Dr. Nurdin, M. Ag
Uncontrolled Keywords: RaÌÉ‘ah, Jual Beli ASI dan Bank ASI
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.9 Aspek Fiqih Lainnya
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Fikih Modern (Hukum Islam)
Depositing User: Maimun Maimun
Date Deposited: 17 Feb 2022 04:03
Last Modified: 17 Feb 2022 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19877

Actions (login required)

View Item
View Item