Penggunaan Buku Al-Qiraah Al-Muyassarah untuk Pengembangan Kemampuan Membaca (Penelitian Eksperimen di Balai Al-Quran Darul Hasanah Aceh Besar)

Nurmajidah Rizky Banurea, 170202127 (2021) Penggunaan Buku Al-Qiraah Al-Muyassarah untuk Pengembangan Kemampuan Membaca (Penelitian Eksperimen di Balai Al-Quran Darul Hasanah Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Buku Al-Qiraah Al-Muyassarah untuk Pengembangan Kemampuan Membaca (Penelitian Eksperimen di Balai Al-Quran Darul Hasanah Aceh Besar)]
Preview
Text (Penggunaan Buku Al-Qiraah Al-Muyassarah untuk Pengembangan Kemampuan Membaca (Penelitian Eksperimen di Balai Al-Quran Darul Hasanah Aceh Besar))
Nurmajidah Rizky Banurea, 170202127, FTK, PBA, 082271226650.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Balai Al-Quran Darul Hasanah Aceh Besar merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam untuk pemula. Pembelajaran membaca huruf Arab di Lembaga ini dengan kurikulum fonetik. Kurikulum ini mengajarkan santri untuk mengasosiasikan huruf dengan suara. Guru menggunakan buku iqra’ yang terdiri dari enam jilid. Siswa belajar dan memahami huruf, membedakannya dan memahami perubahan harakahnya dalam. Peneliti berpendapat bahwa guru membutuhkan buku teks lain, di antaranya buku Al-Qiraah Al-Muyassarah. Ini adalah buku pelajaran yang baik yang mempengaruhi tujuan dan pencapaian pendidikan dan memfasilitasi guru untuk menjelaskan materi dan membantu siswa memahaminya ketika belajar. Berangkat dari masalah tersebut, peneliti bernisiatif untuk meneliti tentang “Penggunaan Buku Al-Qiraah Al-Muyassarah untuk Pengembangan Kemampuan Membaca (Penelitian Eksperimen di Balai Al-Quran Darul Hasanah Aceh Besar)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan buku al-qiraah al-muyassarah dalam pengembangan kemampuan membaca santri dan respon santri terhadap penggunaan ini. Metode yang digunakan Peniliti pada penelitian ini adalah metode Eksperimen pre-Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua santri Balai Al-Quran Darul Hasanah yang berjumlah 75 Santri, sedangkan sampel penelitian adalah santri kelas I yang berjumlah 12 santri. Intsrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Hasil penelitian adalah penggunaan buku al-qiraah al-muyassarah dalam pengembangan kemampuan membaca santri terbukti efektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil bahwa T-test lebih besar dari pada T-tabel (2,20<4,96>3,11) sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif diterima (Ha).. Sedangkan respon santri terhadap pembelajaran ini adalah positif dengan nilai rata-rata 87,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurmajidah Rizky Banurea Majidah
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:35
Last Modified: 24 Feb 2022 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19881

Actions (login required)

View Item
View Item