Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pembentukan Team Work Pembelajaran di Mas Ruhul Islam Anak Bangsa, Aceh Besar

Basidin Mizal, 2002075902 (2022) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pembentukan Team Work Pembelajaran di Mas Ruhul Islam Anak Bangsa, Aceh Besar. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pembentukan Team Work Pembelajaran di Mas Ruhul Islam Anak Bangsa, Aceh Besar, 10 (2). pp. 75-86. ISSN 2354-5984

[thumbnail of Intelektualita (Membahas tentang Kajian Pendidikan, Manajemen, Supervisi, Kepemimpinan, Psikologi dan Konseling)]
Preview
Text (Intelektualita (Membahas tentang Kajian Pendidikan, Manajemen, Supervisi, Kepemimpinan, Psikologi dan Konseling))
Jurnal Basidin Mizal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (207kB) | Preview

Abstract

Kepala madrasah memainkan peran yang sangat penting dalam memastikan keberlangsungan pembelajaran pada sebuah institusi pendidikan. Pada institusi pendidikan Islam, seperti madrasah, nilai kepemimpinan dari kepala madrasah diharapkan mampu meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Dalam merealisasikan visi dan misi madrasah, kepala madrasah harus bekerja sama dengan peran atau sosok lainnya, seperti wakil madrasah bagian kurikulum, guru dan tenaga pengajaran ke dalam sebuah kelompok (team) yang suportif. Bentuk kerjasama ini disebut sebagai teamwork. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu strategi dan langkah-langkah yang diambil oleh kepada madrasah di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB), Aceh Besar dalam membentuk teamwork pembelajaran untuk menjamin proses pembelajaran yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala MAS RIAB menerapkan beberapa strategi dalam membentuk teamwork pembelajaran, diantaranya: 1) menentukan pemilihan guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikan; 2) menjadi penilai dan negosiator yang baik; 3) berperan sebagai penghubung dan pemecah masalah;
4) melakukan komunikasi langsung dengan kolega.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Basidin Mizal Basidin
Date Deposited: 21 Feb 2022 09:03
Last Modified: 21 Feb 2022 09:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19900

Actions (login required)

View Item
View Item