Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Di SMA Negeri 4 Banda Aceh

Widya Safira, 170204006 (2022) Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Widya Safira, 170204006, FTK, PFS, 082370632792.pdf]
Preview
Text
Widya Safira, 170204006, FTK, PFS, 082370632792.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman dan penguasaan siswa di SMA Negeri 4 Banda Aceh pada pelajaran fisika dalam konteks literasi sains yang meliputi pengetahuan konsep, keterampilan proses sains dan sikap saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi (pengetahuan konsep, keterampilan proses sains, sikap saintifik) siswa kelas X IPA 2 pada materi gerak melingkar beraturan di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa soal tes hasil belajar, soal tes keterampilan proses sains dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek pengetahuan konsep, kemampuan siswa terendah berada pada indikator yaitu sebesar 6,16% dan kemampuan siswa tertinggi berada pada indikator yaitu sebesar 38,36%. Pada aspek keterampilan sains, kemampuan siswa terendah berada pada indikator mengkomunikasikan yaitu sebesar 13,26% dan kemampuan siswa tertinggi berada pada indikator menerapkan yaitu sebesar 64,28% dan pada aspek saintifik diperoleh nilai rata-rata jawaban seluruh siswa pada setiap butir pernyataan berada diatas 3. Hal ini mengidentifikasi bahwa siswa sangat setuju dengan pelajaran fisika yang dilakukan dengan kegiatan mengamati, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari, dan proses-proses pembelajaran lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan berfikir siswa. Kesimpulannya adalah kemampuan literasi sains siswa masih tergolong rendah, dimana nilai rata-rata tertinggi siswa yaitu pada aspek keterampilan proses sains (52%) dan nilai rata-rata terendah siswa yaitu pada aspek pengetahuan konsep (48,5%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains, Pengetahuan Konsep, Keterampilan Proses Sains, Sikap Saintifik.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: 170204006 Widya Safira
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:12
Last Modified: 21 Feb 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19901

Actions (login required)

View Item
View Item