Pro dan Kontra Dalam Perkembangan Rateb Seribee di Masyarakat Bener Meriah (Studi Kasus Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah)

Ayda Zikria, 160305016 (2022) Pro dan Kontra Dalam Perkembangan Rateb Seribee di Masyarakat Bener Meriah (Studi Kasus Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pro dan Kontra Dalam Perkembangan Rateb Seribee di Masyarakat Bener Meriah (Studi Kasus Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah)]
Preview
Text (Pro dan Kontra Dalam Perkembangan Rateb Seribee di Masyarakat Bener Meriah (Studi Kasus Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah))
Ayda Zikria, 160305016, FUF, SA, 085216720071.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pantan Tengah Jaya merupakan salah satu kampung yang terletak di Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah. Awal mula masuknya Rateb Seribee ke kecamatan Permata setelah Tgk Alisyah diberi izin oleh Abuya pulang kekampung kelahirannya. Dan Tgk Alisyah mulai mencoba mengadakan Rateb Seribee dirumah sendiri dan mengajak keluarga yang berkemauan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejarah masukknya Rateb Seribee ke Kecamatan Permata, dan untuk mengetahui alasan masyarakat mengapa Pro dan Kontra. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses masuk dan berkembangnya ajaran Rateb Seribee di Permata yaitu setelah kembalinya Tgk Alisyah dari Labuhan Haji yang berguru dengan Abuya Syekh H. Amran Waly di Pesantren Darul Ihsan sekitar akhir tahun 2017. Tgk mencoba mengadakan Rateb Seribee di rumah pribadi dengan mengajak keluarga dan memperkenalkan serta mengamalkan ajaran Rateb Seribee. Latar belakang masyarakat yang mempengaruhi terjadinya Pro dan Kontra ialah mendapat dukungan dan problem dalam masyarakat yaitu karna faktor pekerjaan masyarakat Permata yang menyita waktu seharian sehingga waktu berzikir yang dilaksanakan di malam hari tidak dapat diikuti karena hanya dimalam hari masyarakat memanfaatkan waktu untuk beristirahat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Ayda Zikria
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:26
Last Modified: 21 Feb 2022 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19903

Actions (login required)

View Item
View Item