Penerapan Model Cooperative Type Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 11 Kota Banda Aceh

Habibah, 160209119 (2022) Penerapan Model Cooperative Type Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 11 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Cooperative Type Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA  Siswa Kelas V Min 11 Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Model Cooperative Type Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Min 11 Kota Banda Aceh)
Habibah, 160209119, FTK, PGMI, 081362630096.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal diketahui bahwa masih banyak permasalahan yang dihadapi siswa, diantaranya siswa kurang berperan aktif dalam proses belajar, kurang memperhatikan materi yang disampaikan hanya sebagian dari siswa yang mau menjawab, siswa masih malu dan ragu untuk mengajukan pertanyaan atau pendapatnya. Oleh sebab itu aktivitas belajar tidak sesuai harapan dan hasil belajar pun menurun. Hal tersebutlah yang menyebabkan belum optimalnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk, 1. untuk mendeskripsikan aktivitas guru dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Cooperative Type Group Investigation di kelas V MIN 11 Kota Banda Aceh. 2. untuk mendeskripsikan aktivitas siswa IPA kelas V MIN 11 Kota Banda Aceh saat mengikuti pembelajaran yang dalam perancangannya menggunakan model Cooperative Type Group Investigation. 3. untuk menentukan peningkatan hasil pengunaan model Cooperative Type Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 11 Kota Banda Aceh. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 11 Kota Banda Aceh yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan Lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan post test. Analisis data pada penelitian ini mengunakan rumus deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diketahui nilai aktivitas guru yang awal pada siklus l hanya 71,73% dilanjutkan kesiklus ll menjadi 96,73%, aktivitas siswa yang awal pada siklus l hanya 70,65% dilanjutkan kesiklus ll menjadi 94,56% dan post test nilai siswa yang awalnya pada siklus l hanya 46,87% dilanjutkan kesiklus ll menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model Cooperative Type Group Investigation pembelajaran di MIN 11 pada kelas V pada pembelajaran IPA dapat meningkat dan tidak perlu melanjutkan kesiklus berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Habibah Habibah
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:25
Last Modified: 21 Feb 2022 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19905

Actions (login required)

View Item
View Item